facebook

Ini 4 Tips Menerima Sebuah Kegagalan

oce blue
Ini 4 Tips Menerima Sebuah Kegagalan
Ilustrasi kegagalan (Pixabay/Mohamed Hassan)

Dalam setiap situasi, semuanya memang tidak selalu berjalan seperti yang kita mau. Terkadang sebuah perjuangan yang kita kerahkan tapi belum menemui sebuah keberhasilan. Tapi itu bukanlah hal yang harus dibenci. Ada 4 tips yang bisa kamu coba untuk menerima kegagalan yang kamu dapatkan. 

1. Menyadari bahwa kita sudah berusaha

Kita merasa gagal bisa dikarenakan karena kita sudah berjuang untuk mendapatkannya. Tapi karena kenyataannya memang demikian, kegagalan sebenarnya bukan akhir dari perjuanganmu. Jika kamu sudah bersedia untuk mengorbankan waktu, tenaga, atau bahkan dana untuk mewujudkan suatu hal, itu sudah cukup meski hasilnya tidak sesuai yang kamu inginkan. Hal terpenting adalah cara kamu berproses. Belajar dari kegagalan, kita juga pastinya bisa belajar banyak. 

2. Menganalisa kegagalan tersebut

Kegagalan bisa menjadi pelajaran yang sangat berarti untukmu. Dengan gagal kita juga tidak sepenuhnya merasakan kerugian. Coba analisis apa yang salah. Setelah mengetahuinya, selanjutnya kita berusaha untuk memperbaiki dan mencoba kembali. Hal ini tentunya menjadi bekal yang berarti agar kita bisa melakukannya lebih baik dan tidak mengulangi kesalahan yang sama. 

3. Sadari bahwa kegagalan tidak membuatmu rendah

Kita tidak perlu merasa malu atau seperti tidak berguna karena sebuah kegagalan saja. Terkadang orang lain memang bersikap kurang baik atas kegagalan yang kita terima. Tapi mereka bukanlah hal yang harus ikut campur. Jadi, fokuslah kepada dirimu sendiri bahwa kamu bisa melakukannya lebih baik lagi dan sesukses apapun kita, tidak semua orang bisa menghargai. 

4. Jangan berlarut-larut

Waktu terus kamu lewati tanpa jeda. Gagal yang kamu rasakan kemarin bukan lagi hal yang harus dikhawatirkan untuk sekarang. Biarkan hal itu pergi dan lepas. Tugas kita adalah mengambil pelajaran dari kegagalan kemarin. Jika kita terus-terusan bersedih, maka kesempatan untuk mencoba proses kembali akan berkurang. Hadapi apa yang ada di depanmu sekarang. 

Menerima sebuah kegagalan butuh waktu yang tidak sama untuk masing-masing individu. Tapi semua orang bisa melakukannya. Hadapi dan terimalah segala sesuatu yang memang sudah menjadi jalanmu. Keharusan kita adalah berdoa dan mengusahakan kita memiliki takdir yang baik. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak