facebook

Penting Diketahui, Inilah 3 Jenis Sirkel Pertemanan dalam Dunia Perkuliahan

Ruslan Abdul Munir
Penting Diketahui, Inilah 3 Jenis Sirkel Pertemanan dalam Dunia Perkuliahan
Ilustrasi Sirkel Pertemanan (Creative Vix/Pexels)

Kehidupan di dunia perkuliahan tentu sangatlah berbeda jauh dengan kehidupan di bangku sekolah. Bangku perkuliahan mengajarkan kita arti kehidupan yang sebenarnya, membuat kita lebih berpikir dewasa, serta memberikan kesempatan bagi kita untuk menentukan pilihan kita masing-masing.

Dunia perkuliahan terkadang menjadi salah satu hal yang menarik untuk dibahas. Terlebih apabila sudah berbicara mengenai Sirkel pertemanan. Sirkel pertemanan di dunia perkuliahan tentu sangat berbeda dengan pertemanan di dunia persekolahan yang biasanya bergelut dengan orang itu-itu saja.

Dalam dunia perkuliahan akan banyak karakter orang yang hadir dalam kehidupan kita. Terlebih jika kita aktif di berbagai kegiatan kampus tentunya akan semakin banyak menambah sirkel pertemanan kita di dunia perkuliahan. 

Sirkel pertemanan ini tentu memiliki jenis yang berbeda. Biasanya tergantung bagaimana sekelompok mahasiswa tersebut bertindak dan berperilaku di kampus atau atau di lingkungan perkuliahannya. Beberapa jenis sirkel pertemanan di dunia perkuliahan yang perlu kamu ketahui adalah sebagai berikut :

1. Sirkel pertemanan antar satu daerah tempat tinggal.

Sirkel pertemanan ini terbentuk atas dasar kesamaan tempat tinggal. Kesamaan tempat tinggal menjadi faktor utama yang menentukan sehingga biasanya seseorang akan mencari teman yang memang satu daerah dengannya. Sirkel pertemanan ini cenderung akan lebih dekat dan memiliki intensitas pertemanan yang erat dan terjaga. 

Orang-orang yang tergolong dalam sirkel pertemanan ini biasanya mereka akan lebih dekat dan akrab satu sama lain mulai dari pertama kali dirinya menginjakkan kaki di dunia perkuliahan. Sehingga mereka tidak harus membentuk sirkel baru karena dari awal sudah terbentuk atas dasar kesamaan daerah atau tempat tinggalnya.

2. Sirkel pertemanan anak rantau

Jenis sirkel pertemanan ini tentu saja terbentuk atas dasar kesamaan keadaan sebagai seorang mahasiswa yang merantau ke daerah orang. Sirkel pertemanan ini biasanya membutuhkan waktu agar bisa terbentuk menjadi sebuah sirkel pertemanan yang terjalin dengan baik. 

Saling memahami dan melihat karakter satu sama lainnya menjadi proses pembentukan sirkel pertemanan ini. Apabila memiliki kesamaan dalam suatu hal biasanya akan semakin memperkuat terjalinnya hubungan pertemanan yang baik antar sesama mahasiswa pada sirkel pertemanan ini.

3. Sirkel pertemanan campuran

Berbeda dengan sirkel pertemanan yang telah dijelaskan sebelumnya. Jenis sirkel pertemanan ini merupakan gabungan keduanya, di mana sirkel ini terbentuk bukan didasari atas dasar kesamaan daerah ataupun kesamaan keadaan. Sirkel pertemanan ini terjadi karena ada hal yang membuat mereka nyaman sehingga mereka bisa menyesuaikan diri dalam kondisi apapun dan dengan siapapun.

Orang-orang dalam sirkel pertemanan ini mereka cenderung dapat menyesuaikan diri dalam suatu sirkel pertemanan manapun. Mereka selalu terbiasa dengan berbagai sifat dan karakter orang yang ada didekatnya selagi dirinya tau bahwa mereka dapat memberikan energi positif dalam pertemanannya.

Itulah jenis-jenis sirkel pertemanan dalam dunia perkuliahan. Semoga bermanfaat bagi kamu yang saat ini ingin bertransformasi menjadi seorang mahasiswa. Tentukan sirkel pertemanan mana yang menurut kamu cocok dan intinya pertemanan yang dapat membawa kamu ke arah kebaikan dan hal-hal yang positif selama menjalani perkuliahan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak