facebook

4 Cara Membantu Teman yang Lagi Putus Cinta, Pinjamkan Telinga!

Keza Felice
4 Cara Membantu Teman yang Lagi Putus Cinta, Pinjamkan Telinga!
Ilustrasi sedih putus cinta (Freepik.com/pressfoto)

Perpisahan sering kali membuat seseorang merasa hancur, terlebih bila hubungan asmara yang selama ini dijalani terlalu intens. Seseorang yang baru putus cinta pasti akan mengalami kesulitan dalam memproses perasaan mereka, sehingga dia akan mengalami kebingungan emosi, seperti kemarahan, kekecewaan, frutrasi dan lain sebagainya.

Apabila kamu mempunyai teman yang sedang berjuang untuk melalui fase tersebut, sebaiknya kamu segera membantunya untuk lebih tenang dan kuat dengan beberapa cara berikut ini.

1. Pinjamkan Telinga

Sebelum kamu menemukan cara menghibur teman saat putus cinta, kamu harus lebih dahulu memberikan dukungan kepadanya. Ketika temanmu mengalami gejolak emosi setelah patah hati, pasti dia membutuhkan teman bercerita.

Karenanya, biarkan dia mengekspresikan kesedihannya dengan bercerita. Kamu hanya perlu mendengarkan dan berusaha meredam amarahnya agar dia tidak melakukan hal yang merugikan. 

2. Jangan Menghakimi

Meskipun kamu telah mendengarkan ceritanya, kamu tetap tidak boleh menilai situasi temanmu atau berbicara negatif tentang mantan kekasihnya. Teman sejati seharusnya memberikan dukungan tanpa menghakimi dan tahu persis apa yang harus dikatakan.

Apabila kamu kesal dengan mantan kekasihnya, jangan ungkapkan itu di hadapan temanmu, karena dia belum sepenuhnya memproses perpisahannya.

Cobalah untuk menahan diri agar untuk menawarkan nasihat yang tidak diminta, karena belum tentu kamu benar-benar memahami bagaimana suasana hatinya.

3. Ajak Dia Bersenang-senang

Bukan hanya menenangkannya melalui chatting, kamu perlu mengajak temanmu untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama. Ini adalah salah satu cara paling efektif untuk menghibur temanmu setelah putus cinta.

Sebagai teman yang suportif, ada baiknya mengajak temanmu untuk melawan kesedihannya karena putus cinta, walaupun hanya beberapa jam.

Misalnya, dengan mengajaknya ke restoran mewah, jalan-jalan di taman, atau menonton film. Saat kamu keluar denganya cobalah untuk tidak membicarakan perpisahan atau mantan kekasihnya karena itu hanya akan menjadikan usahamu untuk menghiburnya menjadi sia-sia. 

4. Membantunya Mengejar Hobi

Membantu seorang teman melalui perpisahan membutuhkan lebih dari sekadar menghabiskan waktu berkualitas bersama dengannya. Mendorong dan memberikan dukungan untuk mengejar hobinya adalah salah satu cara terbaik untuk menghibur teman setelah putus cinta.

Kamu bisa menganjurkan dia untuk memelihara hobi yang mungkin selama ini dia abaikan. Dengan  begitu dia akan mulai memikirkan kesibukannya daripada hanya merenungi nasib cintanya yang kandas.

Untuk menjadi teman yang baik semestinya kamu juga telah bersiap untuk menghadapi situasi seperti ini. Karenanya pastikan temanmu yang sedang putus cinta bisa cepat move on atas bantuanmu!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak