facebook

7 Kesalahan dalam Penggunaan Air Fryer yang Wajib Dihindari

Winka Orlando Saputra, S.Tr.Gz
7 Kesalahan dalam Penggunaan Air Fryer yang Wajib Dihindari
Ilustrasi air fryer (freepik.com)

Apakah kamu pernah menggoreng makanan dengan menggunakan Air Fryer?Ya, ini adalah salah satu cara pengolahan makanan terbaru dengan menggoreng tanpa menggunakan minyak. Penggunaan alat ini sekarang sudah semakin populer, apalagi diikuti dengan kenaikan harga minyak goreng yang semakin mahal belakangan ini. 

Menggunakan air fryer untuk menggoreng makanan diklaim lebih menyehatkan dibanding menggunakan alat lain. Namun masih ada beberapa kesalahan yang terjadi saat penggunaan alat ini. Mengutip dari laman OnHealth.com, inilah 7 kesalahan umum dalam penggunaan air fryer untuk menggoreng makanan.

1. Tidak Memanaskan Air Fryer Terlebih Dahulu

Hal ini sangat penting dilakukan, karena penggunaan air fryer tanpa pemanasan alat terlebih dahulu akan membuat makanan anda tidak matang secara merata. Tidak perlu waktu lama untuk memanaskan air fyer, cukup beberapa menit dan air fryer anda telah siap digunakan.

2. Masih Menggunakan Minyak dalam Jumlah Banyak

Air fryer telah didesain khusus untuk menggoreng tanpa minyak. Terkecuali jika anda menginginkan makanan tersebut nantinya memiliki tekstur yang renyah. Anda cukup semprotkan sedikit minyak atau dengan takaran 1 sendok teh minyak saja kedalam wadah air fryer.

3. Mengisi Wadah Air Fryer Secara Penuh

Ketika anda mengisi wadah air fryer secara penuh, maka akan membuat udara panas tidak bergerak secara menyeluruh. Hasilnya? Tentu makanan anda tidak akan matang secara merata. 

4. Menambahkan Bumbu Diatas Makanan Kering

Saat anda menambahkan bumbu diatas makanan kering maka bumbu tersebut akan terbawa oleh udara panas dan tidak menempel pada makanan. Oleh sebab itu kamu perlu mengolesi sedikit minyak pada makanan kering tersebut sebelum memberi bumbu.

5. Menggoreng Makanan Basah

Pastikan makanan yang akan anda goreng di dalam air fyer berada pada kondisi kering, karena makanan basah akan meneteskan cairan didasar air fryer yang berfungsi sebagai pemanas sehingga dapat menyebabkan bau hangus dan berasap.

6. Potongan Makanan yang Terlalu Kecil

Usahakan anda memotong makanan dengan ukuran sedang, karena potongan makanan yang terlalu kecil dapat jatuh ke bawah pemanas sehingga potongan makanan tersebut menjadi cepat gosong dan mengeluarkan asap serta bau tidak sedap.

7. Tidak Membersihkan Air Fryer

Anda wajib membersihkan air fryer sesaat setelah menggunakannya, agar alat tersebut tetap bersih dan tidak meninggalkan noda. Anda dapat membersihkan air fryer dengan menggunakan lap mikrofiber serta sabun cuci. Selain itu hindari penggunaan bahan metal untuk membersihkan wadahnya agar tidak merusak lapisan luarnya.

Itulah 7 kesalahan umum dalam penggunaan air fryer, semoga bermanfaat bagi pembaca.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak