facebook

5 Langkah Awal dalam Penulisan Skripsi agar Selesai Tepat Waktu

Winka Orlando Saputra, S.Tr.Gz
5 Langkah Awal dalam Penulisan Skripsi agar Selesai Tepat Waktu
Ilustrasi menulis (pixabay.com)

Bagi para mahasiswa jenjang D4 atau S1 yang berada pada semester akhir biasanya akan memulai menulis skripsi sebagai step akhir untuk menuju kelulusan. Namun nyatanya banyak mahasiswa yang sering mengalami kebingungan untuk memulai menulis skripsi tersebut. Bahkan ada pula yang sampai mengulang kembali di tahun selanjutnya karena gagal menyelesaikan skripsi tepat waktu. Nah, bagaimana langkah awal dalam penulisan skripsi yang benar? Berikut lima di antaranya.

1. Tentukan Masalah Penelitian

Menentukan masalah penelitian menjadi dasar dalam proses menulis skripsi. Kamu dapat melihat masalah yang terjadi di sekitar lingkunganmu, melihat penelitian terdahulu sebagai bahan referensi, mencari penelitian yang masalahnya belum terselesaikan, ataupun membuat review dari beberapa literatur dengan topik yang sama.

Nah kebanyakan mahasiswa sekarang terlalu fokus untuk menentukan judul terlebih dahulu sebelum menemukan masalah apa yang akan dia angkat untuk dijadikan sebuah penelitian. Hal tersebut dapat berisiko kegagalan dalam proses maupun hasil dari penelitian.

2. Cari Referensi Sebanyak-banyaknya

Setelah kamu menentukan masalah apa yang akan kamu ambil, maka langkah selanjutnya adalah mencari referensi sebanyak-banyaknya untuk mendukung penelitianmu serta sebagai acuan untuk menulis latar belakang dan tinjauan pustaka. Referensi tersebut bisa kamu ambil dari buku atau jurnal penelitian terdahulu.

3. Buat Kerangka Penelitian

Langkah selanjutnya adalah membuat suatu kerangka penelitian sebagai pedoman untuk menjelaskan kaitan antar variabel yang akan kamu teliti, dengan begitu penulisan skripsimu akan terstruktur.

4. Tentukan Metode Penelitian

Metode penelitian ini dapat kamu tentukan berdasarkan referensi yang telah kamu dapat sebelumnya. Banyak metode penelitian yang dapat kamu gunakan seperti metode kualitatif atau kuantitatif serta bagian - bagiannya. Selain itu jangan lupa untuk konsultasi ke dosen pembimbingmu.

5. Mulai Menulis Skripsi

Jika keempat hal diatas sudah kamu lakukan, maka kini saatnya untuk menulis skripsi yang dimulai dari proposal penelitian. Sesuaikan format penulisan dengan standar yang telah ditentukan, ciptakan hubungan personal yang baik dengan dosen pembimbingmu, serta pahami setiap bab yang kamu tulis agar tidak kebingungan untuk menjawab pertanyaan dari dosen penguji saat seminar proposal nanti.

Itulah 5 langkah awal dalam penulisan skripsi, semoga bermanfaat bagi pembaca. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak