facebook

3 Hal yang Harus Kita Hindarkan dari Hati dan Pikiran, Kamu Wajib Tahu!

Sapta Stori
3 Hal yang Harus Kita Hindarkan dari Hati dan Pikiran, Kamu Wajib Tahu!
Ilustrasi wanita yang sedang berpikir (unsplash.com/Anthony Tran)

Manusia diciptakan dengan akal untuk berpikir dan hati untuk merasa. Adalah suatu hal yang manusiawi ketika kita memiliki sebuah pemikiran dan perasaan, baik ke arah yang positif, maupun yang mengarah ke hal negatif. Walau begitu, sudah menjadi tugas kita untuk tetap memelihara hati dan pikiran kita agar tetap dipenuhi hal-hal yang positif. Demi mewujudkan hal itu, ada beberapa hal yang harus kita hindarkan dari hati dan pikiran kita, berikut tiga di antaranya.

1. Prasangka buruk

Prasangka adalah sesuatu yang belum bisa dibuktikan kebenarannya. Memelihara prasangka buruk hanya akan menyiksa pikiran kita tentang sesuatu yang sebenarnya mungkin tidak pernah terjadi dan hanya ada dalam bayangan kita saja. Prasangka buruk ini akan menggerogoti hati dan pikiran, sehingga kita jadi merasa tidak tenang dan lelah tanpa alasan.

Lebih dari pada itu, prasangka buruk yang kita pelihara dalam hati dan pikiran juga bisa mengganggu hubungan kita dengan orang lain. Sebab, orang lain akan selalu salah di mata kita dan sulit bagi kita untuk melihat sisi baiknya.

2. Rasa sakit hati yang ditimbulkan oleh kesalahan orang lain

Kesalahan adalah sesuatu yang manusiawi, walau tentu sebaiknya kita hindari. Tak jarang, kita merasa begitu sakit hati oleh kesalahan yang orang lain lakukan kepada kita. Jika rasa sakit hati ini terus bersarang di dalam hati, kita akan sulit untuk memaafkan.

Adalah hal yang wajar ketika kita merasa sakit hati oleh perbuatan atau perkataan yang tidak menyenangkan dari orang lain, tapi memelihara rasa sakit itu dalam hati dan pikiran kita tidak akan membawa dampak baik kepada diri kita sendiri.

3. Cap buruk terhadap diri sendiri

Hindari memberi cap buruk kepada diri kita sendiri, misalnya berpikir bahwa kita bodoh atau jelek. Cap atau kesan yang kita lekatkan pada diri sendiri akan menimbulkan rasa rendah diri, padahal orang lain belum tentu memandang kita demikian buruk.

Demikian tiga hal yang harus kita hindarkan dari hati dan pikiran.  Akal dan hati ini haruslah senantiasa kita jaga, agar kita bisa menjalani hidup dengan lebih tenang dan bahagia.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak