facebook

5 Tips Menjaga Hubungan Baik dengan Saudara Ipar

Dwimar Turmidzi
5 Tips Menjaga Hubungan Baik dengan Saudara Ipar
Ilustrasi saudara ipar (Pexels.com/Rodnae Production)

Dalam sebuah pernikahan, bukan hanya menyatukan kamu dan pasangan saja. Tentunya juga ada mertua, dan saudara iparmu juga. Jika kamu wajib berhubungan baik dengan mertua, maka memiliki hubungan yang baik dengan saudara ipar juga merupakan hal yang penting.

Meskipun terkadang perbedaan sifat dan karakter, dan juga perbedaan pendapat sering membuat antar saudara ipar saling bermusuhan. Namun, kamu harus tetap menjaga hubungan baik dengannya.

Oleh karena itu, kamu harus mengetahui bagaimana caranya agar tetap bisa akur dan berdamai dengan saudara iparmu. Ada beberapa tips supaya kamu bisa tetap akur dengan saudara ipar, dan mengurangi penyebab permusuhan antar saudara ipar.

Berikut 5 tips menjaga hubungan baik dengan saudara ipar. Simak baik-baik artikel ini, ya!

1. Mengetahui batasan-batasan yang dimiliki masing-masing

Dalam berhubungan dengan siapa pun kamu harus mengetahui batasan-batasan apa saja, termasuk dengan saudara iparmu yang sering rawan konflik. Oleh karena itu, kamu harus tahu batasan dan tidak melanggar batasan-batasan tersebut agar hubunganmu dengan saudara iparmu tetap berjalan dengan baik.

2. Tidak mencampuri urusan masing-masing

Berhubungan dengan saudara ipar memang rawan sekali mengalami konflik. Oleh karena itu, untuk menjaga agar tetap berhubungan baik, kamu tak perlu mencampuri urusannya, karena itu hanya akan membuat hubungamu dengan saudara ipar tidak baik.

3. Menghargai keberadaannya 

Saat kamu memutuskan untuk menikah, tentunya kamu akan berkenalan dengan keluarga inti dari pasanganmu. Sama seperti dirimu, pasanganmu juga memiliki orangtua dan saudara.

Oleh karena itu, ketika kamu memutuskan untuk menikah dengan pasanganmu, hargailah keberadaan saudara iparmu, seperti kamu menghargai mertuamu juga.

4. Tidak menyombongkan kelebihan diri di hadapan saudara ipar

Tidak banyak disadari, terkadang kamu menganggap saudara iparmu adalah pesaingmu. Tak jarang kalian sering menunjukkan kelebihan diri agar terlihat lebih atau merasa paling di antara keduanya. Oleh karena itu, kamu perlu sikap diam dan tak Perlu membicarakan kelebihanmu di depannya.

5. Tidak tinggal satu atap

Banyak yang meyakini bahwa jika satu rumah terdapat 3 jodoh akan menimbulkan kegaduhan atau konflik. Percaya atau tidak, hal itu sering sekali terjadi pada siapa pun.

Oleh karena itu, jika dirumah mertua masih tinggal saudara ipar dengan keluarganya, kamu perlu mengalah cari tempat tinggal lain, dengan cara apapun.

Itulah tadi 5 tips menjaga hubungan baik dengan saudara ipar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak