facebook

3 Ide Aktivitas Rekreasi Jika Tak Berlibur ke Luar Kota

Dream Praire
3 Ide Aktivitas Rekreasi Jika Tak Berlibur ke Luar Kota
Ilustrasi orang bepergian (Pexels.com/Gustavo Fring)

Ketika liburan tiba, banyak orang menghabiskan waktu untuk berekreasi bersama keluarga. Bahkan beberapa orang telah merencanakannya jauh-jauh sebelumnya.  Tetapi tidak semua orang dapat melakukan rekreasi keluar kota karena beberapa alasan.

Jika kamu adalah salah satu yang termasuk dalam kategori orang yang tak bisa berlibur ke luar kota, jangan khawatir. Ada beberapa cara untuk tetap merasakan momen rekreasi bersama keluarga walau tetap di dalam kota.

1. Staycation di hotel

ilustrasi hotel (Pexels.com)/ Adriaan Greyling.
Ilustrasi hotel (Pexels.com/Adriaan Greyling)

Istilah staycation  secara bebas sering didefinisikan sebagai liburan di dekat rumah atau malah di rumah. Kamu bisa menginap di hotel yang berlokasi di dalam kota.

Carilah informasi hotel yang paling sesuai dengan keinginan dan kebutuhan rekreasi kamu maupun keluargamu. Misalnya saja jika kamu ingin mengajak keluargamu berenang bersama, kamu tentu akan memilih hotel dengan fasilitas kolam renang.

Perhatikan juga fasilitas lain yang mungkin menjadi prioritas kamu. Kamu bisa melakukan pengecekan pada website resmi hotel.

Jangan lupa memilih hotel dengan biaya  yang sesuai anggaran kamu, agar usai liburan kamu tak menjadi stres karena urusan uang. Lebih bagus lagi  jika kamu mencari tahu program diskon yang mungkin diadakan oleh hotel. Kamu pun bisa lebih berhemat.

Cek juga program promosi dari operator seluler yang kadang-kadang  bekerja sama dengan bidang pariwisata termasuk dalam pemberian diskon hotel menggunakan poin dari pemakaian data atau pulsa seluler kamu

2. Jalan-jalan ke mal

ilustrasi mal (Pexels.com/ Naim Benjelloun.
Ilustrasi mal (Pexels.com/Naim Benjelloun)

Walau mungkin kamu sudah sering berjalan-jalan ke mal, tetapi sekali-sekali melakukannya dengan cara yang berbeda akan memberi efek yang berbeda juga loh. Kali ini cobalah menikmati kujungan ke mal seperti ketika kamu masuk mal di kota lain.

Orang cenderung lebih memperhatikan detail saat sedang melihat-lihat di kota orang dan tak terlalu menganggap perlu mencermati hal-hal di sekitar saat di kota sendiri karena merasa bisa melakukannya kapan saja.

Saat kamu mulai memberi waktu untuk pengamatan,  kamu akan sadar beberapa hal berharga yang kamu lewatkan begitu saja selama ini.

3. Menginap di rumah kerabat

ilustrasi acara keluarga (Pexels.com)/ Askar Abayev
Ilustrasi acara keluarga (Pexels.com/Askar Abayev)

Kalau kamu memiliki  kerabat dalam satu kota, kamu bisa mencoba menginap di rumahnya. Tentu saja, kamu perlu mempertimbangkan apakah kira-kira kehadiran kamu akan merepotkan atau tidak. Kamu perlu bertanya dulu kira-kira apakah mereka bisa menerima kamu atau justru sudah ada acara lain.

Ketika mereka juga tak ada acara lain dan menerima kamu dengan senang, kamu mulai bisa menyampaikan rencana kamu. Sampaikan informasi berapa lama dan berapa orang yang akan ikut menginap.

Jangan lupa untuk membawa perbekalan  agar tak merepotkan tuan rumah. Kamu juga bisa menawarkan kepada mereka untuk bergantian menginap di rumah kamu.

Walau hanya di rumah kerabat, perubahan suasana akan membawa kamu beralih dari rutinitas harian  dan bisa menikmati atmosfir liburan. Selain itu, kamu dan kerabat kamu akan membangun kedekatan yang lebih erat.

Berlibur dimaksudkan untuk mengistirahatkan  pikiran dan tubuh kamu setelah lama bekerja. Jadi, apapun kegiatan rekreasi yang kamu pilih,  nikmatilah dengan gembira dan rasa syukur. Nah, kegiatan apa yang akan kamu coba?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak