facebook

5 Tips Mengawali Semester Baru, Mahasiswa Lama dan Baru Wajib Tahu!

Desyta Rina Marta Guritno
5 Tips Mengawali Semester Baru, Mahasiswa Lama dan Baru Wajib Tahu!
Ilustrasi mahasiswa (Pixabay.com/geralt)

Bagi mahasiswa, mengawali semester baru berarti juga menghadapi tantangan baru. Pasalnya, setiap semester baru memiliki tahapan satu tingkat lebih tinggi dan semakin dekat pula dengan kelulusan.

Oleh karena itu, dalam mengawali semester baru mahasiswa perlu menyiapkan beberapa hal agar perkuliahan satu semester kedepan berjalan lancar. Berikut ini adalah 5 tips untuk mahasiswa yang akan memasuki semester baru.

1. Pastikan Pemrograman Mata Kuliah Tuntas

Setiap semester, pasti mahasiswa dituntut untuk melakukan pemrograman mata kuliah dan membuat KRS (Kartu Rencana Studi) yang akan menentukan mata kuliah apa yang kamu ampu di semester tersebut.

Sebelum kuliah di semester baru, pastikan KRS-mu sudah beres dan disetujui oleh dosen pembimbing akademik. KRS yang masih bermasalah juga akan mempengaruhi kuliahmu ke depannya.

2. Buat Folder File Sendiri

Kalau sebelum-sebelumnya kamu masih mencampur semua file tugasmu, mulai semester ini buatlah folder tugas yang khusus menyimpan file tugas semester ini.

Jangan lupa untuk membuat folder per-mata kuliah ya, supaya lebih mudah saat mencari dan menyimpan tugas yang sudah dikerjakan. Siapa tahu, tugas yang saat ini kamu buat dibutuhkan lagi untuk semester depan.

3. Buat Wacana Semester

Seperti yang sudah dibahas tadi, bahwa setiap semester baru membawa mahasiswa lebih dekat dengan kelulusan. Maka, kamu harus menyiapkan strategi untuk menghadapi semester yang akan datang ini, seperti membuat wacana semester yang berisi apa saja yang perlu kamu lakukan dalam satu semester kedepan.

4. Persiapan Online

Untuk kamu yang masih kuliah secara daring, persiapkan alat-alat yang akan kamu pakai. Kalau sebelumnya kamu sudah menemui masalah pada gawaimu, cobalah untuk memperbaikinya sebelum kuliah dimulai lagi. Misalnya dengan membawa ke tukang servis, dan lain-lain.

5. Persiapan Offline

Saat ini, sebagian besar kampus sudah melaksanakan perkuliahan secara offline. Nah, kalau kampusmu adalah salah satunya, maka kamu perlu melakukan persiapan untuk kuliah offline.

Persiapannya apa saja? Banyak, mulai dari kos, baju yang dikenakan ke kampus, dan alat tulis. Untuk persiapan seperti ini, sebaiknya kamu lakukan sejak jauh-jauh hari.

Itulah 5 tips menghadapi semester baru untuk mahasiswa lama maupun baru, semoga berhasil!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak