facebook

5 Tips untuk Menjaga Keamanan Barang Pribadi bagi Anak Kos, Patut Dicoba!

Rania Erin Oktiara
5 Tips untuk Menjaga Keamanan Barang Pribadi bagi Anak Kos, Patut Dicoba!
Ilustrasi keamanan kamar (Pexels.com/Ginette Smiler Sear)

Setiap anak kos harus bertanggung jawab atas barang pribadinya yang dibawa ke kos. Namun, tak jarang karena padatnya aktivitas dan membutuhkan gerakan cepat membuat anak kos terkadang lupa untuk melindungi barang pribadinya.

Alhasil, anak kos akan merasa gelisah dan bingung apabila barang pribadinya hilang, terlebih barang tersebut punya nilai jual yang cukup tinggi. Untuk menghindari hal tersebut, berikut ada beberapa tips untuk menjaga keamanan barang pribadi bagi anak kos yang bisa dicoba!

1. Memasang cctv di kamar

Apabila pemilik kos tidak berinisiatif untuk memasang cctv, maka anak kos harus bergerak lebih dulu demi keselamatan barang pribadinya dengan memasang cctv di kamarnya. Cctv jenisnya bermacam-macam, ada yang dipasang di sudut atas kamar atau diletakkan di tempat tersembunyi lainnya misalnya sudut meja, sela-sela buku, atau tempat lainnya.

2. Membuat list pengingat di belakang pintu kamar

Padatnya aktivitas di luar ruangan tak jarang membuat anak kos lupa untuk mengecek kembali keamanan kamar kosnya. Oleh karena itu, lebih baik memasang list pengingat di belakang pintu kamar yang untuk mengecek kembali apa yang seharusnya dilakukan sebelum meninggalkan kos. Misalnya mengunci jendela dan pintu, mematikan listrik, dan lain sebagainya.

3. Membeli kunci ganda untuk motor

Anak kos juga bisa membeli kunci ganda untuk motor yang sudah tidak digunakan lagi saat jam malam. Hal ini untuk menambah keamanan kendaraan pribadi kamu meskipun halaman kos sudah ada pagar beserta gemboknya.

4. Menyimpan barang berharga di tempat tertutup dan jarang dijangkau

Anak kos perlu menyimpan barang berharganya di tempat tertutup dan jangan pernah menbocorkannya ke siapapun termasuk teman dekat sendiri. Kamu bisa menyembunyikannya di bawah tumpukan pakaian di lemari atau menyiasatinya dengan melapisi kertas sehingga tidak ada orang yang kepo terhadap isinya.

5. Menulis nama atau melabeli barang pribadi yang sering digunakan keluar kamar

Tindakan ini kerap dilakukan anak kos untuk menjaga barang miliknya dari maling dan supaya tidak tertukar dengan barang milik anak kos lainnya. Adanya nama atau label pribadi, membuat kamu punya bukti bahwa barang tersebut ialah milikmu.

Nah, itu dia ada 5 tips untuk menjaga keamanan barang pribadi bagi anak kos yang bisa dicoba. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak