facebook

5 Tips Membeli Sofa, Sesuaikan dengan Ukuran Ruang Tamu

Dream Praire
5 Tips Membeli Sofa, Sesuaikan dengan Ukuran Ruang Tamu
ilustrasi sofa (Pexels.com/Curtis Adams)

Salah satu perabot yang melengkapi ruang tamu adalah sofa. Banyak pilihan sofa yang dijual  di pasaran. Aneka macam model dan ukuran tersedia untuk memenuhi selera pembeli. Apabila kamu akan membeli sofa, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini:

1. Ukur ruangan

ilustrasi sofa (Pexels.com)/  Vecislavas Popa
ilustrasi sofa (Pexels.com)/ Vecislavas Popa

Saat melihat sofa di toko, dimensi perbandingan ukuran sofa dengan ruangan tentu akan terlihat berbeda. Karena itu kamu perlu mengukur ruangan dan menentukan ukuran sofa yang akan kamu beli.

Hal ini juga akan menghemat waktu kamu karena telah memberi batasan pilihan dalam hal ukuran. Kamu hanya akan melihat-lihat sofa dalam range ukuran yang telah kamu tentukan

2. Sesuaikan model sofa dengan tema ruangan

ilustrasi sofa (Pexels.com)/ Vecislavas Popa
ilustrasi sofa (Pexels.com)/ Vecislavas Popa

Agar sofa kamu dapat menyatu dengan tema ruangan secara keseluruhan, kamu perlu menyesuaikan model sofa dengan tema atau gaya ruangan secara keseluruhan.  Hal ini akan mencegah sofa yang kamu beli terlihat seperti benda yang tak semestinya ada di ruangan itu.

Misalnya saja ruangan kamu bertema minimalis, hindari membeli sofa dengan desain yang rumit dan penuh warna. Sofa kamu akan tampak seperti salah tempat.

3. Periksa pelapis sofa

ilustrasi sofa (Pexels.com)/ Luxury Furniture Eurooo
ilustrasi sofa (Pexels.com)/ Luxury Furniture Eurooo

Kamu sebaiknya memeriksa kualitas pelapis sofa. Kamu tentunya menginginkan pelapis yang lembut dan nyaman. Kamu bisa memeriksa dengan menyentuhnya dan merasakan permukaan pelapis sofa.

Cek juga kerapian buatannya  dan pilih warna yang terlihat serasi dengan warna perabot lain serta tema yang kamu terapkan untuk ruangan.

4. Cek kekuatan sofa

ilustrasi sofa (Pexels.com)/ Jean van der Meulen
ilustrasi sofa (Pexels.com)/ Jean van der Meulen

Selain memeriksa penampilan sofa, penting untuk memastikan bahwa sofa yang kamu beli berkualitas bagus dalam segi kekuatan. Dengan begitu, sofa akan lebih awet dan dapat dipakai dalam jangka panjang.  

Jangan terpengaruh pada harga murah yang akan membuat kamu menyesal nantinya karena ternyata kualitas sofa yang kamu beli buruk. Jika memungkinkan, lebih baik membeli sofa berkualitas bagus dengan harga diskon daripada memilih sofa murahan.

5. Pertimbangkan sofa multifungsi

ilustrasi sofa (Pexels.com)/  Max Vakhtbovych
ilustrasi sofa (Pexels.com)/ Max Vakhtbovych

Jika kamu mempunyai keterbatasan ruangan, kamu bisa mencoba mempertimbangkan sofa dengan multifungsi. Misalnya saja sofa yang dapat berubah fungsi menjadi tempat tidur, sehingga bisa kamu gunakan untuk beristirahat saat tak ada tamu yang datang.

Atau kamu bisa memilih sofa yang memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan  ketika tutupnya dibuka. Sesuaikan dengan kebutuhan kamu, fungsi tambahan apa yang ingin kamu peroleh dari sofa pilihanmu.

Itulah 5 tips membeli sofa yang dapat kamu coba. Ingatlah untuk selalu mengutamakan kualitas dalam memilih perabotan termasuk sofa

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak