facebook

3 Prinsip yang Memudahkan Kita dalam Menjalani Kehidupan

Sapta Stori
3 Prinsip yang Memudahkan Kita dalam Menjalani Kehidupan
Ilustrasi wanita yang menari di padang rumput (unsplash.com/Jackson David)

Setiap orang memiliki prinsip hidupnya masing-masing. Prinsip hidup ini haruslah didasarkan pada nilai-nilai kebaikan dan jika seseorang memegang prinsip hidup tersebut dengan teguh, niscaya ia akan bisa menjalani kehidupannya dengan baik. Dari sekian banyak prinsip hidup yang diyakini masing-masing orang, ada sebagian di antaranya yang dapat memudahkan kita dalam menjalani kehidupan. Beberapa prinsip tersebut di antaranya sebagai berikut.

1. Beli saat ada uang, diam saat tak ada uang

Tak sedikit orang yang demi memperturutkan keinginannya untuk membeli suatu barang, ia rela berutang. Padahal, apa yang ingin ia beli bukanlah hal yang sungguh-sungguh ia butuhkan. Ada yang melakukan hal tersebut demi gengsi, ada yang disebabkan karena rasa iri pada orang lain yang lebih dahulu memiliki barang tersebut, ada pula yang memang semata-mata tidak bisa bersabar menunggu sampai ia memiliki kemampuan untuk membelinya.

Saat kita memiliki kemampuan untuk membeli suatu barang, maka belilah. Namun, ketika kita tidak punya uang untuk membeli apa yang kita inginkan, alangkah lebih baik untuk kita diam dan tunggu sampai kita punya uang. Kita juga bisa menabung untuk memperoleh apa yang kita mau. Hindarilah berutang atau meminjam uang, kecuali untuk keperluan yang urgen atau mendesak.

2. Tak perlu mengkhawatirkan masa depan, usia kita belum tentu sampai esok hari

Manusia kerap tak mampu terlepas dari rasa khawatir akan masa depan. Padahal, apa yang kita khawatirkan belum tentu akan kita alami. Sebab, mungkin saja esok hari kita sudah tidak ada di dunia ini. Mencemaskan hari esok hanya akan membuat diri gelisah dan tidak maksimal dalam menjalani hari ini.

3. Biar orang berkata apa, fokus saja menjalani hidup dan berada di jalan kebaikan

Orang lain akan ramai membicarakan kita ketika kita berbuat keburukan atau melakukan kesalahan, tapi mereka juga tidak akan berhenti membicarakan di saat kita berbuat baik. Karenanya, lebih baik bagi kita untuk fokus menjalani kehidupan kita sendiri, tetap berbuat baik dan berada di jalan kebaikan, tak peduli apa pun yang orang katakan tentang kita. Memusingkan omongan orang lain tidak akan membuat kita bertambah maju, terutama jika yang mereka ucapkan bukan sesuatu yang bisa memperbaiki diri kita.

Demikian tiga prinsip yang dapat memudahkan kita dalam menjalani kehidupan. Semoga bisa turut membantumu, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak