facebook

5 Hal yang Terjadi Apabila Enggan Bertanya Alamat saat Tersesat di Jalan

Rania Erin Oktiara
5 Hal yang Terjadi Apabila Enggan Bertanya Alamat saat Tersesat di Jalan
Ilustrasi orang tersesat (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Orang yang berpergian jauh lumrah apabila bingung mencari alamat yang dituju lantaran asing dengan tempat tersebut dan kurang perkiraan saat di jalan. Orang perlu bertanya alamat yang dituju atau lokasi terkini ke orang sekitar agar bisa memperkirakan jalan mana yang akan dituju selanjutnya. Namun bila tidak, orang akan terus tersesat dan terjadi 5 hal berikut ini!

1. Membutuhkan waktu yang lama untuk menemukan alamat

Orang yang tidak mau bertanya ke penduduk sekitar saat tersesat akan membutuhkan waktu lama untuk menemukan alamat yang dituju. Percaya diri boleh saja, namun apabila sudah tersesat, lebih baik turunkan gengsi dan segera minta bantuan ke orang lain. Hal ini juga akan merugikan diri sendiri lantaran terlambat datang ke tempat tersebut. 

2. Menghabiskan banyak bensin

Mencari alamat atau tempat tujuan yang tidak kunjung ketemu juga akan menguras banyak bensin. Hal ini juga bisa merugikanmu lantaran harus mengeluarkan uang lebih untuk membeli bensin. Itupun kalau daerah tersebut ada yang menjualnya, bagaimana kalau tidak? Otomatis kamu akan mendorong motormu hingga ke lokasi tujuan. 

3. Tenaga terkuras habis

Selain waktu dan bensin, rupanya ada tenaga yang juga terkuras habis karena tidak kunjung menemukan lokasi tujuan. Kamu akan merasa lelah di jalan dan sebagian badan terutama tangan, punggung, atau pantat akan terasa sakit karena terlalu lama duduk dan menyetir kendaraan.

4. Dihantui rasa gelisah dan bingung

Ada peribahasa yang mengatakan malu bertanya sesat di jalan. Begitulah realitanya apabila kamu enggan bertanya ke orang sekitar, maka akan mengalami kesulitan untuk menemukan alamat tujuan. Alhasil, kamu akan dihantui rasa gelisah dan bingung terus-menerus.

5. Tidak segera tiba ke tempat tujuan

Salah satu faktor penyebab utama orang yang malu bertanya alamat saat tersesat ialah tidak segera tiba ke tempat tujuan. Selain merugikan diri sendiri, hal ini juga membuat orang yang menunggu kehadiranmu juga cemas dan mengkhawatirkan kondisimu.

Nah, itu dia 5 hal yang terjadi apabila kamu enggan bertanya alamat ke orang sekitar saat tersesat di jalan. Sangat merugikan diri sendiri!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak