facebook

6 Cara Mengatasi Stres untuk Menjaga Kesehatan Mental

Winka Orlando Saputra, S.Tr.Gz
6 Cara Mengatasi Stres untuk Menjaga Kesehatan Mental
Ilustrasi stres (Pexels.com/karolina grabowska)

Stres berasal dari berbagai masalah yang timbul dalam kehidupan sehari-hari. Setiap orang memiliki kekuatan mental yang berbeda-beda dalam menghadapi masalah, bahkan untuk masalah yang orang lain anggap kecil pun dapat dipersepsikan sebagai masalah yang besar bagi orang yang sedang lemah mentalnya.

Oleh karena itu stres harus cepat diatasi agar tidak menimbulkan penyakit yang tentu akan berdampak bagi kesehatan fisik dan mental. Nah bagaimana cara mengatasi stres agar tidak mempengaruhi kesehatan fisik dan mental? Berikut ulasannya.

1. Perbanyak Beribadah

Beribadah serta senantiasa mengingat Tuhan akan membuat perasaan menjadi lebih tenang, terlebih jika kita melakukannya secara tulus dan ikhlas. Selain itu dengan perbanyak melakukan ibadah maka keimanan kita pun menjadi lebih kuat dan turut mempengaruhi kesehatan mental. 

2. Tetap Menjaga Kesehatan

Seringkali masalah yang timbul dan menyebabkan stres akan membawa kita pada gaya hidup yang buruk, seperti perilaku merokok dan mengonsumsi alkohol. Hal itu tidak akan menyelesaikan masalah, namun sebaliknya akan menambah masalah baru yang merugikan diri sendiri.

Ada baiknya untuk tetap mengikuti gaya hidup sehat dengan makanan yang bergizi seimbang, melakukan aktivitas fisik setiap hari, dan tidur yang cukup.

3. Lakukan Meditasi

Melakukan meditasi juga mampu mengusir stres yang datang di pikiranmu. Kamu dapat melakukannya dengan cara duduk tenang sembari memejamkan mata dan mengatur pernapasan. Lakukan meditasi ini setidaknya 10 menit per hari dan rasakan efeknya.

4. Pergi Liburan

Pergi berlibur atau dengan istilah sekarang "healing" merupakan salah satu cara ampuh mengusir stres. Kamu dapat pergi mengunjungi pantai, mendaki gunung, atau tempat lain yang mempunyai destinasi menarik seraya melepaskan penat dan stres yang memenuhi pikiranmu.

5. Ceritakan Keluh Kesahmu

Kamu dapat menceritakan keluh kesah dari masalah yang sedang kamu alami dengan pasangan, teman, ataupun sahabat yang bisa kamu percayai. Jangan lupa meminta saran mereka tentang apa yang sebaiknya kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan begitu kamu dapat meringankan stres yang menghantuimu.

6. Mengunyah Permen Karet

Percaya atau tidak, hal kecil ini juga akan ikut membantumu mengatasi stres. Seperti dikutip dari laman OnHealth.com, bahwa mengunyah permen karet akan mengurangi tingkat kortisol saliva atau penanda stres, dengan begitu pikiranmu akan menjadi lebih tenang.

Itulah 6 cara mengatasi stres untuk menjaga kesehatan mental. Semoga bermanfaat bagi pembaca.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak