facebook

5 Etika saat Menginap di Hotel, Agar Tidak Merugikan Orang Lain

Rania Erin Oktiara
5 Etika saat Menginap di Hotel, Agar Tidak Merugikan Orang Lain
Ilustrasi orang di hotel (Pexels.com/cottonbro)

Hotel menjadi salah satu tempat yang banyak dituju saat musim liburan tiba. Tak hanya itu, banyak orang memilih untuk tinggal di hotel apabila ada urusan ke luar kota atau hanya sekadar staycation sejenak.

Saat menginap di hotel rupanya juga ada etika yang enggak boleh kamu abaikan. Hal ini berguna untuk menghargai sesama tamu atau orang lain yang berada di hotel tersebut.

Tak hanya itu, etika tamu juga diperlukan agar tidak merugikan dan memberi kesan buruk pada pihak hotel. Berikut etika menginap di hotel yang perlu kamu tahu.

1. Tidak iseng mengetuk dinding kamar

Dinding kamar hotel saling berdampingan satu sama lain. Itulah mengapa kamu tidak boleh iseng mengetuk dinding kamar karena bisa saja terdengar oleh tamu yang menginap di sebelah kamarmu dan akan mengganggu kenyamanannya. Selain itu, tindakan ini tidak sopan dan sangat norak!

2. Tidak meninggalkan sampah berserakan

Setiap kamar hotel tentunya sudah disediakan tempat sampah untuk para tamunya. Adanya fasilitas yang tersedia itu harus digunakan dengan baik agar kebersihan hotel tetap terjaga.

Sudah membayar bukan berarti bisa berbuat sesuka hati. Terlebih iseng mengotori hotel dengan sampah berserakan agar semakin menambah pekerjaan petugas kebersihan.

3. Tidak merusak fasilitas hotel

Sama halnya poin di atas, sudah membayar bukan berarti bisa seenaknya. Fasilitas hotel itu tidak hanya digunakan sekali saat melayanimu saja, melainkan juga digunakan demi kenyamanan tamu selanjutnya. Merusak fasilitas hotel tentu akan merugikan pihak pengelola hotel dan membuatmu bisa kena denda.

4. Tidak membawa pulang fasilitas hotel yang bukan hak tamu

Setiap tamu yang masuk ke kamar hotel biasanya sudah disediakan barang apa saja yang boleh dibawa pulang seperti makanan atau minuman, sabun mandi, sampo, sandal hotel, atau fasilitas lain yang memang disediakan sekali pakai untuk para tamunya.

Jangan membawa pulang fasilitas hotel yang bukan menjadi hakmu misalnya water heater, selimut, bantal, lampu hias, dan lain sebagainya. Kamu bisa kena denda dan blacklist apabila melakukannya. 

5. Tidak semena-mena dengan para staf hotel

Apabila ada masalah yang terjadi, maka harus bisa mengutarakannya dengan baik dan jangan berbuat semena-mena dengan para staf hotel. Dengan begini, masalah selesai tanpa harus terjadi perselisihan.

Itulah 5 etika menginap di hotel yang perlu kamu tahu. Semoga bermanfaat! 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak