facebook

4 Hal yang Harus Kamu Ketahui saat Menikah dengan Si Introvert

Siti Muawanah
4 Hal yang Harus Kamu Ketahui saat Menikah dengan Si Introvert
Ilustrasi pasangan kekasih (Freepik.com/lookstudio)

Apakah pasangan kamu adalah seorang introvert? Meskipun terkadang sikap seorang introvert membuat bingung, namun kamu perlu memahami dan mengerti dengan baik. Hal ini karena introvert akan membuka diri dan bersikap lebih terbuka ketika mereka memiliki pasangan yang mampu mengimbanginya. 

Keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika menikah dengan si introvert adalah mereka tipe pendengar yang baik. Introvert cenderung akan fokus pada perasaan dan pikiran dari pada hal-hal yang ada pada dunia luar. Sifat yang seperti inilah yang mungkin membuat introvert sulit dipahami.

Jika pasangan hidupmu adalah introvert, kamu perlu mengetahui beberapa hal ini.

1. Menjadi Pendengar yang Baik

Kamu mungkin akan beruntung karena memiliki pasangan hidup yang bisa menjadi pendengar yang baik ketika kamu bercerita dan mengeluh. Tidak hanya itu, tipe pasangan introvert juga akan menjadi penenang ketika kamu sedang emosi.

Pribadinya yang tenang dan mengutamakan perasaan dan pikiran akan membuat kamu merasa nyaman bercerita apapun padanya.

2. Sering Menyimpan Masalah Sendiri

Saat pasangan introvert kamu memiliki masalah, biasanya ia akan menyimpannya sendiri dan enggan menceritakannya kepadamu.

Introvert melakukan ini karena mereka tidak ingin pasangannya merasa terbebani dengan ceritanya, sehingga ia akan berusaha menyelesaikan masalahnya terlebih dahulu barulah ia akan menceritakannya. Untuk itu, cobalah untuk lebih peka dengan pasanganmu. 

3. Pasangan yang perhatian 

Sikap perhatian introvert ditunjukkan dengan cara mengingat hal detail dan kecil tentang pasangannya. Semua yang ada pada pasangannya akan ia ingat terus karena itu adalah hal yang sangat berharga dan sebuah kenangan.

Bentuk perhatian yang introvert berikan kepada pasangannya tulus dan apa adanya. Jadi, pastikan untuk selalu menghargai dan mengapresiasi pasanganmu.

4. Menghindari konflik

Ini mungkin menjadi kelemahan atau kekurangan introvert ketika mereka menghadapi masalah dengan pasangannya. Introvert akan menghindari dan menjauh lebih dahulu, bahkan menghindari percakapan untuk beberapa waktu.

Introvert melakukan ini untuk mengontrol perasaan dan pikiran dalam menghadapi dan mencerna konflik yang sedang terjadi. Oleh karena itu, kamu sebagai pasangannya perlu membujuk si introvert ini untuk saling berbicara baik-baik agar masalah segera terselesaikan.

Itulah empat hal yang harus kamu ketahui ketika kamu menikah dengan si introvert. Jika kamu sudah membaca artikel ini, semoga kamu dan pasangan introvertmu bisa saling mengerti dengan karakter masing-masing. Komunikasi menjadi hal yang sangat penting dalam sebuah hubungan pernikahan baik itu untuk introvert maupun ekstrovert. Jadi pastikan untuk membangun komunikasi yang baik dengan pasanganmu.  

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak