facebook

3 Alasan Kita Tidak Boleh Meremehkan dan Merendahkan Orang Lain

Sapta Stori
3 Alasan Kita Tidak Boleh Meremehkan dan Merendahkan Orang Lain
Ilustrasi wanita yang menjulurkan lidah (unsplash.com/Maria Lysenko)

Setiap orang memiliki keunggulannya masing-masing. Ada orang dianugerahi keistimewaan dalam bakat tertentu, ada yang memiliki kelebihan dalam harta, ada pula yang keunggulan dalam suatu bidang dan menjadi seorang ahli.

Namun, tak jarang, keunggulan seseorang membuat dirinya meremehkan dan merendahkan orang lain yang ia rasa berada di bawah levelnya. Padahal, sikap tersebut bukanlah hal yang patut untuk dilakukan. Berikut tiga sebab mengapa kita tak boleh melakukan hal tersebut.

1. Tidak ada orang yang unggul dalam segala hal

Misalnya saja, kita merendahkan seseorang tentang kemampuan memasaknya. Dalam hal memasak, dia mungkin tidak lebih unggul daripada kita, tapi dia pasti punya kelebihan dalam hal lain yang juga tidak kita miliki.

Tidak akan ada orang yang bisa superior di semua bidang atau ahli dalam segala hal, masing-masing pasti memiliki keunggulan di bidang tertentu. Oleh karena itu, tidak ada gunanya meremehkan orang lain. Toh, ada banyak orang yang juga jauh lebih unggul dari kita.

2. Menjatuhkan harga diri

Di satu sisi, ketika kita meremehkan atau merendahkan seseorang, artinya kita telah menjatuhkan harga diri orang tersebut. Namun, di sisi lain, justru kitalah yang akan dipandang rendah oleh orang lain yang mendengar ucapan dan melihat tindakan kita. Kita akan dilihat sebagai orang yang angkuh dan tidak menghormati orang lain, bahkan dianggap sebagai orang yang tidak beradab.

3. Mempermalukan diri sendiri

Seperti perumpamaan roda yang berputar, tidak ada orang yang selamanya terpuruk, pun tidak ada yang selamanya berjaya. Kita tidak pernah tahu, mungkin saja orang yang kita remehkan akan menjadi seseorang yang sukses dan hebat. Siapa tahu pula suatu hari kitalah akan membutuhkan dan mendapatkan pertolongan darinya. Maka, jika kita meremehkan atau merendahkan orang lain, tidak menutup kemungkinan justru kita akan mempermalukan diri kita sendiri.

Demikian tiga alasan kita tidak boleh meremehkan dan merendahkan orang lain. Sehebat apa pun kita dan sebesar apa pun pencapaian yang kita raih, hendaknya kita selalu bersikap rendah hati saat berhadapan dengan orang lain dan tidak meremehkan siapa pun.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak