facebook

6 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Bangkit dari Kesedihan Mendalam

Sapta Stori
6 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Bangkit dari Kesedihan Mendalam
Ilustrasi wanita yang bersedih (unsplash.com/Eric Ward)

Dalam kehidupan ini, suka dan duka akan silih berganti menyapamu. Hari ini, mungkin kamu merasakan kebahagiaan yang begitu besar, tapi di hari lain, bukan mustahil kamu juga akan mengalami kesedihan yang mendalam.

Tak jarang, dalamnya kesedihan yang kamu rasakan membuatmu sulit untuk kembali berdiri tegak dalam menjalani kehidupanmu seperti biasanya. Demi mengatasi hal ini, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk bisa bangkit dari kesedihan yang mendalam, di antaranya adalah:

1. Berupayalah untuk tidak terlalu lama tenggelam dalam kesedihan

Kesedihan adalah hal yang manusiawi untuk dirasakan. Namun, terlalu lama larut dalam kesedihan hanya akan membuatmu semakin terpuruk. Kamu tidak boleh terus bersedih dan harus kembali melangkah untuk menjalani kehidupanmu. Berupayalah untuk menata masa depanmu lagi.

2. Sibukkan dirimu

Salah satu hal yang bisa dilakukan ketika kamu merasakan kesedihan adalah menyibukkan dirimu dan jangan beri kesempatan pada dirimu untuk melamun atau memikirkan kembali hal yang membuatmu bersedih. Tekuni berbagai hal yang kamu sukai dan lakukan kegiatan yang bermanfaat bagimu. Hal itu akan membantumu untuk melupakan kesedihanmu.

3. Singkirkan penyebab kesedihanmu

Hindarilah sumber rasa sakit hatimu. Jauhkan barang-barang atau foto-foto yang mengingatkanmu pada hal atau orang yang membuatmu bersedih, atau minimal simpan semuanya di tempat yang tak bisa kamu lihat untuk sementara waktu. Menyingkirkan semua penyebab rasa sakit hatimu bisa membantumu untuk lebih cepat pulih dari kesedihan dan lebih mudah untuk bangkit.

4. Ingat kembali impian-impianmu

Kamu mungkin kehilangan seseorang atau sesuatu dan lantas tenggelam dalam kesedihan yang mendalam. Namun, hal itu tidaklah boleh membatasimu untuk tetap meraih mimpi-mimpimu. Satu impian bisa saja kandas, tapi ada banyak hal selain itu yang bisa kamu wujudkan.

5. Jangan lupa bahwa kamu tidak sendirian

Masih ada banyak orang di sekitarmu yang menyayangimu, seperti keluarga dan teman-temanmu. Berbaurlah dengan mereka agar kamu merasa lebih baik.

6. Galilah hikmah dari kesedihan yang kamu alami

Setiap hal yang kamu alami selama hidupmu pastilah ada hikmahnya. Dalam hal ini, kamu yang harus pandai dalam menggali makna di balik kesedihan yang kamu rasakan. Walau kamu membutuhkan waktu untuk memahaminya, suatu saat kamu pasti akan mengerti apa makna di balik semua yang terjadi.

Demikian enam hal yang bisa kamu lakukan untuk bangkit dari kesedihan yang mendalam. Tak ada yang selamanya dalam hidup ini, termasuk kebahagiaan dan kesedihan. Dalamnya kesedihan yang kamu rasakan akan berlalu seiring waktu. Jadi, janganlah cemas untuk menatap hari esok.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak