facebook

6 Tips Berkomunikasi dengan Orang Baru Tanpa Canggung, Tertarik Mencobanya?

Husna Hisaba
6 Tips Berkomunikasi dengan Orang Baru Tanpa Canggung, Tertarik Mencobanya?
Ilustrasi Komunikasi (Pixabay.com)

Bertemu dan berkenalan dengan orang baru kadang-kadang membuat kita merasa canggung, kikuk, grogi, hingga kebingungan untuk berkata-kata dan berpikir, suatu pertemuan yang diharapkan akan menjadikan pertemuan yang menyenangkan malah menjadi kaku.

Kondisi atau keadaan canggung tersebut sebenarnya wajar dialami seseorang saat berkenalan atau bertemu dengan orang baru. Pada kenyataannya dalam berinteraksi sosial kecanggungan bisa menjauhkan kita dari mendapatkan teman baru, bahkan hingga jodoh. Untuk menghindari hal-hal tersebut, berikut disajikan enam tips mengatasi kecanggungan saat bertemu atau berkenalan dengan orang baru:

1. Rileks dan Santai

Rasa canggung saat berkenalan biasanya disebabkan karena efek dari ketegangan yang dirasakan saat berkenalan, hal ini membuat kita merasa kikuk, bahkan berkeringat dingin. Cobalah untuk bersikap santai dan rileks saat berkenalan, atur tempo nafas dengan baik dan atur mindset dalam pikiran kita bahwa kita akan berkenalan dengan orang yang menyenangkan. Hal ini berguna menghilangkan kecanggungan saat berkenalan, dan tentu dalam prosesnya perlu banyak berlatih.

2. Bersikap Senatural Mungkin

Cobalah untuk nyaman menjadi diri sendiri saat berkenalan dengan orang baru daripada memaksakan diri untuk menjadi orang lain dengan harapan mendapat kesan positif dari lawan bicara kita, terlalu memaksakan untuk menjadi orang lain akan menyebabkan kita terlihat tidak nyaman jika tidak terbiasa. Sebagai contoh, jangan memaksakan memberikan candaan atau humor jika kita tidak berbakat melucu atau tidak terbiasa melucu, jika humor yang kita lontarkan gagal, hal tersebut akan membuat suasana menjadi canggung dan kita akan malu sendiri pada akhirnya.

3. Mempersiapkan Bahan Obrolan

Baik suatu pertemuan dengan orang baru kita rencanakan ataupun tidak, mempersiapkan bahan obrolan seperti pertanyaan-pertanyaan mendasar perlu kita siapkan untuk memudahkan interaksi sosial kita. Bahan obrolan yang kita siapkan akan membuat obrolan menjadi lebih santai dan mudah mengalir. Tanyakan perihal identitas, tempat tinggal, kesenangan, ketidaksukaanya, dan lain sebagainya. Jika suatu pertemuan direncanakan, tidak ada salahnya untuk melakukan riset kecil-kecilan terhadap subjek untuk mempermudah mencari kesamaan dan menghindari dibenci oleh subjek karena salah mengangkat topik pembicaraan.

4. Ramah Senyum

Senyum yang tulus akan membuat suasana obrolan menjadi hangat. Jika kita termasuk orang yang tidak terlalu suka basa-basi dan irit dalam berbicara, senyum merupakan opsi yang tepat untuk mengatasinya, biarkan lawan bicara mendominasi obrolan dan kita cukup meresponnya dengan senyuman dan menanggapi seperlunya saja. Jika kita sering memberikan senyuman yang tulus saat berinteraksi, lawan bicara akan merasa nyaman berbicara dengan kita. Senyum juga merupakan bentuk atau cara kita menghargai orang lain.

5. Berhenti Berburuk Sangka

Banyak dari kita saat berkenalan terlalu memikirkan dan berburuk sangka terhadap lawan bicara kita, contohnya takut dianggap jelek, tidak menyenangkan, dianggap freak, takut dikritik, dan ketakutan lainnya yang sebenarnya hanya ada di dalam pikiran kita. Biasanya hal ini terjadi pada mereka yang merasa minder atau rendah diri dan merasa tidak percaya diri. Dampaknya dalam berkomunikasi jelas akan menyebabkan kita tidak nyaman dan akan sulit berinterasi dengan lancar, bahkan kita justru cenderung lebih banyak diam. Hindari berburuk sangka terhadap lawan bicara, percaya diri saja dalam mengekspresikan diri kita saat berkomunikasi dengan orang baru.

6. Terus Berlatih

Untuk dapat berkomunikasi dengan lancar tanpa canggung terhadap orang baru tentu harus melalui proses atau rangkaian pembiasaan, perlu banyak berlatih dan praktik agar kita menjadi terbiasa berbicara dengan orang baru tanpa canggung. Kemahiran dalam berinteraksi atau berkomunikasi sosial sejatinya adalah suatu keterampilan sosial yang perlu diasah dan dibiasakan.

Itulah 6 cara mengatasi rasa canggung saat berkenalan dengan orang baru. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak