facebook

4 Tips Mengatasi Perasaan Kesal agar Tak Berlama-lama, Hidup Jadi Tenang!

Susanti ..
4 Tips Mengatasi Perasaan Kesal agar Tak Berlama-lama, Hidup Jadi Tenang!
Ilustrasi kesal.[unsplash.com/Brooke Cagle]

Menunggu teman yang telat datang, antrean diselak, kemacetan yang seperti tidak pernah selesai, adalah beberapa hal yang bisa membuatmu kesal. Ada sebagian orang yang mudah kesal, tapi mudah pula redanya. Namun, ada pula yang kalau sudah kesal bisa tahan berlama-lama.

Hidup dengan perasaan kesal tentu gak akan damai jadinya. Hati jadi gak tenang. Untuk itu, berikut akan diulas beberapa tips mengatasi perasaan kesal agar tak berlama-lama, alias cepat reda. Mari disimak.

1. Cari tahu alasan perasaan kesalmu

Terkadang perasaan kesal bukan disebabkan hal yang terjadi saat itu, melainkan peristiwa sebelumnya. Sebagai contoh, kamu kesal bukan main melihat kondisi lalu lintas yang macet. Padahal, kalau dipikir-pikir kemacetan ini bukanlah hal baru. Tapi, entah kenapa hari ini kesalnya sampai ke ubun-ubun.

Nah, setelah dipikirkan lagi, ternyata masalahnya bukan macet itu sendiri. Melainkan rasa takut kalau kamu bakal telat karena tadi pas berangkat lewat dari jadwal biasanya.

Dari sini, kan, kamu jadi tahu bahwa sebenarnya bukan macetnya yang bikin kesal. Melainkan kesal pada diri sendiri karena sudah bangun kesiangan. Cukup dijadikan pelajaran, besok-besok jangan begitu lagi.

2. Tarik napas dalam-dalam

Perasaan kesal bisa bikin pikiran jadi tertekan, lho. Untuk mengatasinya, cobalah tarik napas dalam-dalam, kemudian tahan, dan hembuskan. Lakukan ini beberapa kali sampai terasa degup jantungmu sudah mulai melambat, dan badanmu jadi lebih rileks.

3. Bicarakan

Ada sebagian orang yang mudah sekali memaafkan dan melupakan, tapi ada pula yang kalau belum diutarakan masih ada ganjalan dalam hati. Nah, bila kamu tipe yang mesti membicarakan perasaan kesalmu, maka utarakanlah dengan cara baik-baik tentunya.

Misalnya saja, kamu lagi kesal dengan pasangan yang selalu menaruh handuk basah sembarangan. Nah, coba utarakan ke pasangan agar besok-besok langsung diletakkan di tempat yang tersedia. Dengan begitu, masalah jadi cepat selesai, kan?

4. Belajar memaafkan

Cobalah untuk belajar memaafkan. Apalagi jika orang lain melakukan kesalahan yang sebenarnya sepele. Jangan semua hal selalu dipersoalkan. Dengan memaafkan, hatimu jadi lebih lega, lho.

Coba lakukan langkah-langkah tadi agar perasaan kesalmu segera hilang. Hidup jadi lebih tenang!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak