facebook

3 Tips Menghilangkan Gengsi, Dijamin Hidupmu Jadi Lebih Bahagia!

Susanti ..
3 Tips Menghilangkan Gengsi, Dijamin Hidupmu Jadi Lebih Bahagia!
Ilustrasi belanja (freepik.com/gpointstudio)

Saat ini ketika pencitraan begitu penting, banyak orang sampai memaksakan diri demi terlihat bagus. Sebagai contoh, agar dibilang dari kaum mampu, kamu sampai terjerat hutang demi membeli barang-barang mahal. Semua itu demi gengsi.

Hidup dengan mengutamakan gengsi gak bikin kamu bahagia, lho. Pertama, kamu jadi membutuhkan validasi orang lain untuk bisa bahagia. Misalnya, demi mendapat pengakuan dari teman sekitar, maka harus memaksakan diri selalu membeli barang mahal.

Kedua, hidup yang didasarkan gengsi biasanya banyak masalah. Cicilan menumpuk, dikejar-kejar penagih hutang, dan tak jarang sampai terdorong berbuat kriminal.

Nah, agar kamu bisa hidup lebih bahagia, berikut akan dibahas beberapa tips menghilangkan gengsi. Ikuti terus, ya.

1. Bayangkan konsekuensi terburuk

Saat timbul hasrat untuk mengutamakan gengsi, cobalah bayangkan kemungkinan terburuk yang bakal terjadi. Sebagai contoh, kalau kamu menuruti gengsi membeli HP puluhan juta, bayangkan cicilan yang harus kamu lunasi tiap bulannya.

Sekarang, bayangkan pos pengeluaran yang mesti kamu hemat-hemat agar bisa membayar cicilan itu. Bayangkan pula kekecewaan orangtua ketika tahu uang yang mestinya bisa kamu gunakan untuk hal berguna, ternyata malah dipakai membeli HP yang sebenarnya gak diperlukan.

2. Terima diri apa adanya

Nah, poin ini penting banget supaya hidupmu gak kemakan gengsi. Kamu mesti menerima diri apa adanya. Termasuk dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Kalau ini sudah diterapkan, niscaya sekalipun ada komentar miring dari sekitar karena standarmu gak sama dengan mereka, kamu gak akan ambil pusing. Bagimu, yang penting hati tenang dan sudah merasa cukup. Bodo amat dengan standar orang lain.

3. Pilih teman yang baik

Di antara penyebab seseorang terlalu mementingkan gengsi, adalah salah pergaulan. Bukannya memilih teman yang bisa menerimamu apa adanya, tapi memilih teman yang populer karena statusnya.

Kamu bakal sulit memilih hidup sederhana kalau lingkungan pertemananmu bersyarat seperti itu. Mending cari teman baru yang bisa memberi dampak positif, salah satunya yang mendorongmu untuk nyaman terhadap diri sendiri. Teman seperti ini biasanya lebih tulus, lho.

Coba terapkan langkah-langkah tadi agar hidupmu lebih damai karena gak mementingkan gengsi, ya. Hidup tanpa gengsi jadi lebih merdeka, lho.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak