facebook

Ini 4 Tips Berhenti dari Kebiasaan Membicarakan Aib Orang Lain

Susanti ..
Ini 4 Tips Berhenti dari Kebiasaan Membicarakan Aib Orang Lain
Ilustrasi gosip.[freepik.com/lookstudio]

Membicarakan aib orang lain atau dikenal pula dengan bergunjing atau bergosip gak hanya dipandang buruk dari segi normal, tapi juga agama. Membicarakan aib orang lain bisa menambah dosa yang pastinya akan merugikanmu nanti, lho.

Sayangnya, terkadang sudah tahu kalau bergunjing itu dosa tapi masih saja dilakukan. Nah, agar kamu bisa terlepas dari kebiasaan buruk ini, berikut akan dibahas beberapa tips yang dapat kamu lakukan. Mari disimak.

1. Pilih pertemanan yang baik

Sekalipun niatmu sudah kuat untuk tidak bergunjing, bakal susah dipraktikkan apabila lingkungan sekitarmu seperti itu. Oleh sebab itu, langkah paling utama mesti dilakukan agar bisa berhenti dari kebiasaan membicarakan aib orang lain, yakni dengan menjauhi lingkungan tukang gosip.

Cobalah pilih teman bergaul yang baik-baik. Tipe teman yang menginspirasi, dan selalu membicarakan topik bermanfaat. Bukan tentang keburukan orang lain.

2. Blokir akun-akun gosip

Saat ini media sosial gak hanya dijadikan sebagai alat promosi usaha, sebagai ajang pamer, atau jadi galeri pribadi. Banyak pula yang menjadikan media sosial sebagai alat bergunjing. Bahkan biasanya akun gosip seperti ini banyak sekali peminatnya.

Nah, agar kamu bisa segera bertobat dari kebiasaan buruk membicarakan aib orang lain, cobalah tidak mengikuti akun-akun gosip. Kalau perlu blokir sekalian sehingga tak bisa diakses sama sekali.

Hanya manfaatkan media sosial untuk hal-hal positif. Misalnya, untuk menambah wawasan dengan berbagai pengetahuan, atau untuk hiburan dengan melihat tempat-tempat indah di seluruh dunia.

3. Posisikan di pihak korban

Membicarakan keburukan orang lain memang bisa bikin kecanduan. Akan tetapi, kamu gak akan berpikiran sama apabila yang dijadikan objek gibah adalah dirimu sendiri. Tentunya bakal sakit hati, kan?

Oleh sebab itu, cobalah berempati dengan korban. Posisikan dirimu jika yang orang omongkan itu adalah keburukanmu. Pasti akhirnya jadi gak minat lagi, kan, bergunjing?

4. Ingat hukum tabur tuai

Setiap tindakan manusia gak luput dari konsekuensi. Baik konsekuensi di dunia, maupun di akhirat. Salah satu cara agar kamu bisa berhenti bergunjing, adalah dengan selalu mengingat bahwa hidup ini berlaku hukum tabur tuai. Berani menabung dosa di dunia, nantinya jangan menyesal ketika ada konsekuensi berat di akhirat. Seram, kan?

Semoga tips di atas tadi bisa membantumu untuk berhenti bergosip, ya. Gak baik, lho!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak