facebook

6 Tips bagi Kamu yang Bingung Menentukan Jurusan Kuliah, Yuk Cek!

Boy Silaban
6 Tips bagi Kamu yang Bingung Menentukan Jurusan Kuliah, Yuk Cek!
Tips memilih jurusan kuliah (Pixabay)

Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan baik swasta maupun negeri tentu sudah memiliki beberapa persiapan nantinya. Khususnya bagi kamu anak-anak SMA yang telah sampai ke perjalanan besar dalam hidup kamu dimana kamu akan menentukan kemana kamu akan melangkah setelah lulus nantinya. 

Bagi kamu yang akan melanjutkan jenjang pendidikan ke tingkat Perguruan Tinggi, baik negeri maupun swasta berikut ada beberapa tips yang dapat membantu kamu dalam menghadapi kebimbangan kamu dalam menentukan jurusan di perkuliahan nanti. 

1. Sesuaikan Dengan Minat Dan Keinginan

Dalam memilih jurusan kuliah, hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah sesuaikan jurusan dengan keinginan dan passion kamu. Jangan sampai kamu mudah terbawa arus karena ikut-ikutan teman mu yang lain. Ada baiknya harus disesuaikan dengan keinginanmu, karena ketika kamu sudah kuliah kamu yang akan menjalankannya bukan orang lain. Jadi, pikirkan dulu secara matang-matang. 

2. Kenali Dan Lihat Potensi Diri

Sering kali siswa-siswi memilih jurusan tanpa menyesuaikan dengan kemampuan yang dimilikinya. Apabila kamu memilih jurusan yang belum tentu sesuai dengan potensimu, tentunya hal itu akan menyulitkan langkah kamu ke depan.

Memang tidak salah jika kamu punya keinginan untuk masuk di jurusan favorit sekalipun, tetapi lebih baik perhatikan potensi diri untuk menentukan jurusan yang tepat.

3. Jangan Mengikuti Orang Lain

Sangat tidak disarankan jika kamu memilih jurusan karena ikut-ikutan dengan teman-temanmu yang lain. Apalagi, memilih jurusan karena orang yang kamu sukai memilih jurusan itu. Perlu kamu tahu bahwa perkuliahan akan sukses apabila kamu milih jurusan sesuai dengan minat dan kemampuanmu. Jadi, pilihlah jurusanmu sesuai keinginan pribadi kamu sendiri tanpa ikut-ikutan dengan teman-temanmu, lain hal jika kamu juga menyukai jurusan tersebut. 

4. Cari Informasi Tempat Kamu Akan Melanjutkan Kuliah

Sedari awal pasti kamu sudah menentukan kampus idaman yang akan kamu pilih. Agar kamu semakin yakin dengan pilihan tersebut, jangan lupa untuk mencari informasi lebih dalam terkait jurusan kuliah di kampus pilihan mu itu, sekaligus mencari referensi lain dengan melakukan eksplorasi di kampus-kampus sejenis. 

5. Melihat Peluang Kerja

Dalam memilih jurusan kuliah, sertakan juga pertimbangan karier kerjanya, kamu juga harus punya gambaran melalui jurusan yang kamu pilih tentang masa depan kamu dalam berkarier. Carilah peluang-peluang tren yang sedang berkembang pada saat ini dan jangan lupa juga pilih Universitas yang bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan ternama seperti BUMN.

6. Biaya Kuliah

Selain lima poin di atas, poin yang tidak kalah penting yaitu soal biaya. Biaya juga salah satu hal yang wajib kamu cermati. Perlu kamu ketahui, bahwa biaya kuliah juga sangat erat kaitannya dengan jurusan apa yang akan kamu ambil nantinya. Oleh karena itu, kamu perlu mempertimbangkan poin ini dari beberapa sisi.

Nah, itu dia 6 tips bagi kamu yang masih bimbang dan bingung dalam menentukan jurusan kuliah kamu nantinya. Semoga bermanfaat. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak