facebook

4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan dalam Berniaga

Sapta Stori
4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan dalam Berniaga
Ilustrasi berdagang (unsplash.com/Gabriella Clare Marino)

Pedagang dan pembeli adalah kehadiran yang saling membutuhkan. Seorang pelanggan memerlukan niagawan yang bisa membantunya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pun begitu pula seorang niagawan yang tidak akan memperoleh penghasilan jika tak ada pelanggan.

Ketika berniaga, ada banyak faktor yang menentukan apakah para pelanggan kita akan setia berbelanja di tempat kita atau justru merasa kapok. Demi mempertahankan pelanggan kita, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, di antaranya adalah:

1. Memperhatikan kebersihan tempat berniaga

Tempat yang senantiasa bersih akan membuat siapa pun merasa betah dan nyaman, terlebih jika tempat tersebut digunakan untuk berniaga. Banyak pelanggan yang melihat kondisi kebersihan toko, warung atau kedai terlebih dahulu sebelum berbelanja.

Tentunya, penting bagi para pedagang untuk memperhatikan kebersihan tempatnya berjualan. Apalagi jika yang kita jual adalah makanan. Tempat yang bersih dan higienis tentu akan terlihat lebih meyakinkan dan membuat para pelanggan merasa aman dan tenang membeli makanan di tempat kita.

2. Mengutamakan kejujuran

Kejujuran sangat penting guna membangun kepercayaan pelanggan. Bukan hanya tentang transaksi, orang yang berniaga tentunya harus menyesuaikan harga dengan kualitas produk. Jika para pelanggan harus membayar mahal untuk kualitas produk yang rendah, tentu mereka akan merasa kecewa dan kapok berbelanja di tempat kita.

3. Melayani dengan baik dan hangat

Banyak orang yang kapok berbelanja di sebuah warung atau toko, karena mendapatkan pelayanan yang kurang baik atau kurang ramah. Sambutan baik kita kepada para pelanggan menjadi kesan pertama yang penting dan dapat menarik orang-orang untuk berbelanja di tempat kita.

4. Memperhatikan kualitas produk

Misalnya saja, kita memiliki sebuah warung. Pelanggan memang memiliki tanggung jawab tersendiri untuk memastikan kualitas produk yang dibeli. Namun, sebagai pedagang, ada baiknya juga kita memeriksa kualitas produk yang kita jual secara berkala. Misalnya saja dengan mengecek tanggal kedaluwarsa, serta menjaga agar barang-barang yang dijual tetap bersih dan tertata dengan rapi.

Demikian empat hal penting yang harus diperhatikan dalam berniaga. Semoga kamu sukses dengan perniagaanmu, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak