facebook

4 Dampak Buruk yang Terjadi jika Kita Terlalu Fanatik

oce blue
4 Dampak Buruk yang Terjadi jika Kita Terlalu Fanatik
Ilustrasi seorang pria yang marah.(Pixabay/Andrea Piacquadio)

Merasa kagum terhadap suatu hal memang hal maklum yang bisa dirasakan semua orang. Tapi jika kita mengekspresikannya dengan berlebihan atau fanatik, hal itu menjadi dampak buruk untuk diri sendiri. Fanatik tidak membuat kita menjadi pecinta yang baik untuk suatu hal.

Ada 4 dampak negatif yang akan kamu terima jika bersikap fanatik. 

1. Mudah terpancing emosi

Ketika orang lain mengatakan hal yang berbeda dengan pendapatmu, kamu merasa tidak terima. Padahal mereka juga mempunyai hak untuk mengatakan pendapatnya terhadap suatu hal yang kamu senangi. Jika menghina, tentu itu hal salah. Tapi kamu tidak bisa menuntut orang lain untuk selalu berpikiran sama denganmu. Pada dasarnya, tidak semua orang menyenangi suatu hal yang kamu senangi. 

2. Logika yang tidak tepat

Karena kita menuntut orang lain untuk tidak mengomentari apa yang kita senangi, kita terkadang berbicara seenaknya. Karena suatu bentuk kecintaan yang berlebihan membuat skala sehat kita tidak berfungsi sepenuhnya. Kita menjadi sangat agresif dan tidak sungkan jika mengatakan hal yang kurang tepat hanya untuk membela suatu hal yang kamu senangi. 

3. Keburukan dan kebenaran menjadi kabur

Orang yang fanatik rela melakukan apapun untuk membela dirinya. Padahal, tidak semua kalimat dan tindakan kita adalah benar untuk dijadikan suatu pembelaan. Jika kita terlalu fanatik, bahkan keburukan pun kita lakukan. Contohnya seperti memaki-maki orang lain meski dalam dunia maya hanya karena berbeda pendapatnya denganmu. Tentunya ini hal yang harus kita hindari. 

4. Mudah dijauhi

Dalam kehidupan kita seharusnya menerima banyak perbedaan. Kita juga harus bersedia menerima perbedaan pendapat dari orang lain. Karena sifat egois yang kita miliki, orang lain akan mudah untuk menjauh karena alasan tersebut. Jika kamu memang sangat mencintai suatu hal, kamu juga harus bersedia perbedaan pandangan orang lain. Selama mereka tidak menghinanya, kita tidak perlu bereaksi berlebihan. 

Bentuk fanatik bisa menjadikan kita seakan manusia paling benar. Padahal, pandangan berbeda milik orang lain juga tidak lebih rendah. Cintailah sewajarnya. Kamu boleh membela hal yang kamu sukai ketika mereka memang berniat menghina dan merendahkan. Tapi perlu diingat, kita juga harus bersikap dengan baik dan tidak melenceng dari hukum. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak