facebook

5 Tips Memilih Pakaian Untuk yang Punya Badan Gemuk

afifatun khuzaemah
5 Tips Memilih Pakaian Untuk yang Punya Badan Gemuk
ilustrasi model berbadan gemuk.[pexels/8444364]

Memiliki postur tubuh ideal memanglah dambaan semua orang. Karena beberapa orang menilai memiliki postur yang ideal akan jauh lebih menarik dipandang, dan lebih mudah dalam memilih pakaian. Bagaimana dengan yang memiliki tubuh gemuk? Apa tidak menarik?

Sebelumnya, mari kita cari tahu lebih dahulu apa yang dimaksud dengan berbadan gemuk! Menurut Yenni Idrus dalam jurnalnya yang berjudul Cara Berbusana yang Baik, (2007), “Bentuk tubuh gemuk pendek ditemukan pada orang yang lingkar dada, pinggang, dan panggulnya besar dan relatif sama ukurannya. Di samping itu berat badannya tidak seimbang dengan tinggi badannya.” Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa, orang yang bertubuh gemuk adalah yang memiliki berat badan dan tinggi badan yang tidak seimbang.

Lalu, apakah pendapat tentang orang yang memiliki badan gemuk tidak menarik? Apakah semua orang harus memiliki badan yang ideal? Tidak! Karena pada dasarnya masing-masing dari kita ada yang sejak lahir memiliki badan kurus, atau bahkan yang gemuk, ada pula yang memang karena beberapa faktor sehingga mengakibatkan susah memiliki tubuh yang ideal. Atau justru sudah mengusahakan beragam cara untuk mendapatkan tubuh yang ideal, tapi tidak tercapai. Karena sebenarnya menarik atau tidaknya orang lain memandang justru berasal dari kenyamanan dan kepercayaan diri yang kita tunjukan.

Lalu, untuk menunjang rasa percaya diri tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan pakaian yang sesuai. Inilah 5 tips yang dapat dipilih oleh kalian yang memiliki badan gemuk.

1. Pilih pakaian bermotif

Pakaian bermotif akan lebih menutupi postur tubuh ketimbang pakaian polos, tapi ternyata tidak semua motif dapat diartikan demikian. Karena sembarangan memilih motif pada baju justru bukannya dapat membuatmu terlihat kurus, tapi malah terlihat semakin berisi. Jadi, usahakan motif yang dipilih berupa bunga kecil atau motif kecil lainnya, atau juga motif garis vertikal.

2. Hindari pakaian berbahan kasar dan tebal

Orang yang memiliki badan gemuk, biasanya cenderung lebih rentan mengalami iritasi pada kulitnya. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya hindari memakai pakaian yang berbahan kasar dan tebal, karena hal tersebut justru mudah menyebabkan berkeringat dan justru memicu iritasi yang mana dapat menimbulkan rasa tidak nyaman.

3. Hindari pakaian bermotif besar

Seperti yang sudah disebutkan pada poin pertama, motif bunga kecil atau garis vertikal memang akan membuat tubuh kalian terlihat lebih ramping. Begitu pun sebaliknya, motif bunga dan garis besar justru akan menunjukkan kesan gemuk pada badan.

4. Jangan pakai pakaian yang terlalu ketat

Seperti halnya jangan memilih pakaian berbahan kasar dan tebal, pakaian yang terlalu ketat selain terlalu memperjelaskan lekuk dan postur tubuh, seseorang dengan badan gemuk yang memilih pakaian terlalu ketat juga lebih beresiko mengalami iritasi kulit khususnya pada bagian lipatan tubuh.

5. Pilih model baju dengan garis leher rendah

Memakai baju dengan garis leher rendah, seperti gaya leher bentuk V akan menambah kesan jenjang pada leher pada kalian yang memiliki badan gemuk.

Demikian tadi beberapa hal yang dapat dijadikan tips dalam memilih pakaian untuk kalian yang memiliki badan gemuk. Tapi tentu saja tips di atas tadi tidak akan berarti apa-apa jika kalian masih belum memiliki kepercayaan diri yang tinggi dengan tubuh kalian dan nyaman dengan apa yang kalian pakai. Karena sebenarnya apa yang dipakai, dan rasa percaya diri dengan apa yang dipakai itulah yang justru membuat terlihat menarik.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak