facebook

5 Tips Tetap Tenang Meski di Situasi yang Bikin Stres, Hindari Kafein!

Susanti ..
5 Tips Tetap Tenang Meski di Situasi yang Bikin Stres, Hindari Kafein!
Ilustrasi mendengarkan musik.[freepik.com/stockking]

Sudah kodratnya hidup bersifat naik turun. Kadang berjalan mulus saja, sering kali ada hambatan atau masalah. Masalah-masalah inilah yang kerap bikin kamu jadi stres dan pikiran mumet. Nah, agar pikiran bisa tetap tenang kendati sedang berada di situasi yang bikin stres, berikut akan dibahas beberapa tips yang dapat kamu coba. Simak terus, yuk!

1. Hindari kafein

Minuman berkafein, misalnya teh atau kopi memang sangat manjur untuk menghilangkan kantuk. Ini disebabkan kafein bisa menstimulasi otak supaya lebih aktif.

Hanya saja, kalau sedang banyak pikiran sebaiknya hindari dulu, deh, minuman berkafein. Justru hal tersebut akan membuat kamu jadi merasa kewalahan, lho, dan susah berpikir tenang atau rileks.

2. Tetap jaga sikap positif

Ketika masalah bertubi-tubi menghampiri, kamu akan mudah sekali untuk playing victim terhadap keadaan dan berpikir macam-macam. Sayangnya, sikap mental seperti ini hanya bikin permasalahan semakin pelik.

Persoalan rumit sekalipun akan mudah diselesaikan apabila kamu bisa berpikir tenang. Nah, salah satu caranya, yaitu dengan tetap menjaga sikap positif.

Abaikan hasrat untuk overthinking, dan cobalah rileks. Setelah itu, lihat sisi positif dari kondisimu. Biasanya mood kamu akan membaik, dan setelah itu bisa berpikir dengan objektif.

3. Jangan lupa tertawa

Semakin bertambah usia seseorang biasanya akan semakin jarang tertawa. Berbagai permasalahan hidup rasanya sudah menyedot energi, dan membuatmu merasa gak punya alasan untuk tertawa.

Justru cara pandang tadi bikin hidup jadi selalu dihinggapi masalah, lho. Coba deh bangun aura positif dengan banyak-banyak tertawa.

Sering-sering berkelakar dengan teman, atau seimbangkan waktu kerja dengan istirahat, dan isi dengan hal-hal yang bisa bikin kamu tertawa. Nanti pikiranmu jadi gak mumet lagi, lho.

4. Hindari hal-hal toksik

Kalau lagi banyak masalah, sebaiknya hindari hal toksik. Misalnya, lingkungan pertemanan yang cuma bikin kamu sedih atau kesal. Atau bisa pula berita-berita negatif yang hanya bikin suasana hati jadi nge-drop.

5. Lihat lagi masalah secara objektif

Terkadang hal yang bikin masalah jadi pelik karena kamu sudah keburu panik. Cobalah lihat lagi masalahmu secara objektif. Tindakan apa yang bisa dilakukan sebagai upaya penyelesaian. Langkah ini cukup efektif supaya kamu gak terlalu fokus pada masalah, melainkan pada solusi.

Coba lakukan langkah-langkah tadi supaya dirimu tetap tenang kendati berada di situasi yang bikin stres, ya. Semoga bisa bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak