facebook

5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Kamu Merasa Marah pada Diri Sendiri

Santi Kartika
5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Kamu Merasa Marah pada Diri Sendiri
Ilustrasi wanita (Pexels.com/Engin Akyurt)

Setiap orang pasti pernah memiliki rasa marah terhadap diri sendiri. Hal itu wajar saja dialami setiap orang. Rasa marah terhadap diri sendiri mungkin timbul akibat adanya rasa menyesal atau kecewa terhadap kesalahan yang dibuat oleh diri sendiri.

Namun, kita tidak boleh larut dalam perasaan marah pada diri sendiri. Kita harus tahu bahwa setiap orang pasti pernah membuat kesalahan dan hal itulah yang menjadikan kita manusia. Di bawah ini adalah 5 hal yang harus dilakukan ketika kita merasa marah pada diri sendiri.

1. Kamu harus ingat bahwa kamu adalah manusia biasa

Ilustrasi wanita (Pexels.com/Pixabay)
Ilustrasi wanita (Pexels.com/Pixabay)

Kamu harus ingat bahwa kamu adalah manusia biasa yang tidak terlepas dari membuat kesalahan. Tidak ada manusia yang sempurna. Semua manusia pasti pernah melakukan kesalahan.

Membuat kesalahan adalah bagian dari hidup dan semua manusia pasti pernah melakukannya. Oleh karena itu, kamu tidak boleh larut dalam penyesalan. Yang terpenting adalah kamu terus membenahi diri agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik dibandingkan sebelumnya.

2. Kamu harus bisa memaafkan dirimu sendiri

Ilustrasi wanita (Pexels.com/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi wanita (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu juga harus bisa memaafkan dirimu sendiri atas kesalahan yang kamu perbuat. Memaafkan diri sendiri akan memiliki dampak yang luar biasa bagi dirimu. Dengan memaafkan diri sendiri, maka kamu akan bisa untuk melangkah ke depan dengan lebih baik.

Ingat bahwa semua orang melakukan kesalahan, dan kamu tidak boleh membenci diri sendiri atas kesalahan yang telah kamu perbuat.

3. Carilah konseling dari orang lain

Ilustrasi wanita (Pexels.com/Karolina Grabowska)
Ilustrasi wanita (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Apabila kamu masih memendam marah pada dirimu sendiri, kamu mungkin perlu orang lain untuk konseling. Kamu bisa minta temanmu, anggota keluarga, atau orang yang profesional untuk bisa membantumu keluar dari situasi itu.

Mereka pasti akan mendengarkanmu dan akan membantumu agar bisa keluar dari situasi tersebut. Jadi, jangan ragu untuk meminta pertolongan dari mereka.

4. Belajarlah kemampuan relaksasi

Ilustrasi wanita (Pexels.com/Ketut Subiyanto)
Ilustrasi wanita (Pexels.com/Ketut Subiyanto)

Kamu bisa mulai belajar untuk meditasi atau yoga. Dengan melakukan hal-hal tersebut, kamu akan lebih tenang dan kamu akan bisa untuk mengontrol emosi secara lebih baik.

Melakukan relaksasi juga akan menjernihkan otakmu dan akan mengembalikan rasa percaya dirimu.

5. Belajarlah dari kesalahan yang kamu perbuat

Ilustrasi wanita (Pexels.com/Tima Miroshnichenko)
Ilustrasi wanita (Pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Kamu harus bisa belajar dari kesalahanmu. Adanya kesalahan yang kamu perbuat tersebut akan membuatmu belajar mengenai apa yang seharusnya dilakukan dan apa yang seharusnya tidak dilakukan. Dengan begitu, kamu akan belajar agar kesalahan yang sama tersebut tidak akan terulang lagi.

Pembelajaran yang ada tersebut akan membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Itu tadi adalah 5 hal yang harus dilakukan ketika kamu merasa marah pada dirimu sendiri. Ingatlah bahwa setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Yang harus diingat adalah kamu harus belajar dari kesalahan tersebut, dan kesalahan tersebut dapat menjadi pembelajaran yang penting untuk kamu ke depannya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak