facebook

3 Manfaat Cerdas dalam Menyaring Informasi yang Harus Kamu Ketahui

Sapta Stori
3 Manfaat Cerdas dalam Menyaring Informasi yang Harus Kamu Ketahui
Ilustrasi teknologi informasi (unsplash.com/Marvin Meyer)

Di era teknologi ini, informasi berseliweran dari berbagai media. Kita bisa dengan mudah mencari informasi apa pun yang kita inginkan kapan saja dan dari mana saja. Yang paling mudah, kita tinggal menyalakan ponsel dan semua hal yang ingin kita ketahui bisa kita dapatkan.

Sebagai pengguna teknologi, kita dituntut untuk bisa bijak dalam memilah informasi. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan. Ada berbagai manfaat yang kita dapatkan ketika kita cerdas dalam menyaring informasi, beberapa di antaranya ialah:

1. Mendapatkan informasi yang tepat dan akurat

Ketika kita memperoleh suatu informasi, ada baiknya kita tidak menelannya mentah-mentah. Cari dan gali kembali mengenai informasi tersebut dari sumber-sumber lain yang terpercaya. Hal ini dapat membantu kita untuk memperoleh informasi yang tepat dan akurat.

2. Tidak mudah terprovokasi

Banyak informasi-informasi yang ditulis dan diedarkan dengan tujuan untuk memprovokasi atau mengadu domba satu pihak dengan pihak lainnya. Jika kita mampu menyaring informasi dengan bijak, kita tidak akan mudah terpancing atau terhasut.

Selain itu, tak jarang, saat kita memperoleh suatu informasi, ada kalanya kita tersugesti, sehingga meyakini hal tersebut dan mempengaruhi pikiran kita. Padahal, masih ada berbagai kemungkinan yang bisa kita temukan. Cerdas dalam menyaring informasi juga dapat menghindarkan kita dari sugesti atau pengaruh yang kurang baik bagi diri kita.

3. Terhindar dari menyesatkan orang banyak

Misalnya saja, seseorang membagikan sebuah informasi yang belum jelas kebenarannya. Ternyata, belakangan ia mengetahui bahwa informasi tersebut tidak benar, tapi ia kadung malu dan tidak memiliki keberanian untuk mengklarifikasi atau menyebarkan informasi yang benar demi meluruskan apa yang ia bagikan sebelumnya. Akibatnya, orang-orang yang pernah memperoleh informasi darinya masih tetap terjebak dalam informasi yang salah, karena mereka tidak mendapatkan klarifikasi dari informasi tersebut.

Cerdas dalam menyaring informasi akan menghindarkan diri kita dari menyesatkan orang banyak. Penting bagi kita terlebih dahulu memastikan ketepatan informasi yang kita dapatkan sebelum membagikannya.

Demikian tiga manfaat cerdas dalam menyaring informasi. Mari kita bersikap bijak dan cerdas dalam mencari, menyaring dan memilah informasi yang kita peroleh.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak