facebook

3 Kesalahan Suami yang Sering Bikin Istri Jadi Sebal, Terlalu Menuntut!

Susanti ..
3 Kesalahan Suami yang Sering Bikin Istri Jadi Sebal, Terlalu Menuntut!
Ilustrasi pasangan bertengkar (freepik.com/drazenzigic)

Salah satu kunci langgengnya hubungan pernikahan, adalah saling evaluasi diri. Ada kerendahan hati dari masing-masing pihak untuk berbenah menjadi pribadi lebih baik. Apa saja perilaku buruk yang sekiranya membuat pasangan gak nyaman segera dihilangkan, paling tidak diminimalkan.

Sebagai bahan evaluasi diri, berikut ini akan diulas beberapa jenis kesalahan suami yang sering bikin istri jadi sebal. Apa saja kesalahan yang dimaksud? Untuk tahu kelanjutannya, simak terus pembahasan di bawah ini, ya.

1. Terlalu menuntut

Memang mesti diakui, setiap orang pasti punya ekspektasi atau harapan ketika menikah. Hanya saja, hindari harapan itu sampai mendorongmu jadi suami yang terlalu menuntut atau mengatur. Istri bakal gak kerasan, lho, kalau terlalu sering diatur-atur.

Cobalah berusaha memahami posisinya. Bila kamu dituntut ini-itu oleh istri, karena istri punya ekspektasi yang mungkin belum bisa dipenuhi, kamu pun bakal kesal juga, kan? Makanya, lebih pengertian lagi terhadap istri, ya.

2. Pendapat suami paling utama

Kebiasaan buruk selanjutnya yang bikin istri jadi sebal, adalah meyakini kalau pendapat suami selalu yang paling utama. Cara pandang seperti ini bikin komunikasi gak sehat, dan hubungan rumah tangga jadi terasa memuakkan, lho.

Di antara ciri dari hubungan yang sehat, adalah adanya partnership antara suami istri. Posisi kamu dan istri setara, artinya masing-masing berhak untuk berpendapat dan bila terjadi perbedaan di situlah letak pentingnya kompromi.

Jadi, jangan mentang-mentang kamu keluarga, maka perkataanmu jadi titah, sementara opini istri diabaikan begitu saja. Siapa pun pasti kesal diperlakukan demikian.

3. Tidak menghargai istri

Masakan yang sering kamu cela itu ternyata untuk menyiapkannya gak mudah, lho. Saat kamu masih terlelap, istri sudah harus bangun untuk meracik menu masakan yang nanti bakal kamu santap untuk sarapan serta dibawa sebagai bekal.

Oleh sebab itu, kalau cuma karena kurang garam sedikit, maklumi saja. Hargai jerih payahnya yang sudah susah payah berusaha membuatkanmu masakan. Dicela terus lama-lama kalau istri mogok masak berabe juga, kan?

Itu dia beberapa jenis kesalahan suami yang sebaiknya tidak lagi kamu lakukan agar hubungan jadi harmonis, ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak