facebook

4 Kebiasaan yang Dapat Membawa Pengaruh Buruk untuk Dirimu

oce blue
4 Kebiasaan yang Dapat Membawa Pengaruh Buruk untuk Dirimu
Ilustrasi seseorang bermain gawai (Pixabay/cuttonbro)

Pastinya kita memiliki kebiasaan-kebiasaan yang sering kita lakukan. Namun tanpa terasa, terkadang salah satu kebiasaan yang sering kita lakukan justru dapat membawa pengaruh yang kurang baik untuk hidup kita. Di bawah ini ada 4 kebiasaan yang dapat membawa pengaruh buruk, jadi tinggalkan mulai sekarang. 

1. Menunda-nunda

Selama kita masih punya waktu luang, jangan buang waktu tersebut. Kita tidak selalu memiliki kesempatan yang kedua. Oleh karena itu, jangan menunda-nunda tugas yang kamu miliki. Jangan kalah dengan rasa malas. Jika punya waktu untuk mengerjakannya sekarang, maka kerjakan tugasmu lebih awal. Jangan bergantung kepada mood, karena justru membuat kita semakin malas dan mengerjakan tugasmu lebih lama. 

2. Bergantung kepada orang lain

Jika kita mampu untuk melakukannya sendiri, maka jangan meminta orang lain untuk menggantikan posisi kita. Bergantung kepada orang lain membuat kita menjadi kurang mandiri dan bisa mendapat kekecewaan yang besar jika orang tersebut tidak dapat memenuhi permintaan kita. Pada dasarnya, suatu saat pasti kita akan dihadapkan dengan situasi tanpa bantuan orang lain. Jadi, biasakan dirimu untuk bisa mndiri. 

3. Mendominasi percakapan

Ketika kita berada dalam suatu percakapan, ada baiknya kita menjadi pendengar tanpa berbicara terlalu banyak. Selalu ingin bicara dan didengarkan oleh orang lain bukanlah suatu kebiasaan yang baik. Berilah orang lain untuk menyampaikan pendapatnya juga dan kita berperan sebagai seorang pendengar. Mereka juga ingin suara mereka didengar. 

4. Menghabiskan waktu di dunia maya 

Kita boleh-boleh saja membuka sosial media untuk menghibur diri dan merilekskan pikiran. Tapi juga harus dengan sikap yang bijak. Jangan sampai waktu kita habis hanya untuk sosmed saja. Kita punya dunia nyata yang jauh lebih penting. Bersikaplah dengan bijak dan atur waktumu. Jangan sampai kita melupakan dunia nyata karena dunia maya. Menghabiskan waktu di dunia maya justru membuat kita menjadi kehilangan waktu untuk melakukan hal-hal yang lebih berguna. 

Itulah 4 kebiasaan yang dapat membawa pengaruh buruk untuk dirimu. Setelah mengetahui hal tersebut, langkah selanjutnya adalah kita meninggalkan kebiasaan tersebut dan menggantinya dengan kebiasaan-kebiasaan yang lebih baik. Buatlah harimu menjadi berkualitas dengan kebiasaan yang baik. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak