facebook

4 Tips Parenting yang Penting Orangtua Cermati, Yakin Sudah Tahu?

Susanti ..
4 Tips Parenting yang Penting Orangtua Cermati, Yakin Sudah Tahu?
Ilustrasi keluarga bahagia.[freepik.com/prostooleh]

Menjadi orangtua merupakan tanggung jawab besar, karena kamu gak hanya bertugas memberi makan anak, tapi juga memastikan tumbuh kembangnya bisa berjalan dengan baik. Kamu dan pasangan harus memastikan berbagai kebutuhan lahir batinnya terpenuhi agar nantinya ia bisa tumbuh dengan baik dan bahagia.

Nah, agar si kecil bisa tumbuh menjadi anak bahagia dan membanggakan ayah bunda, berikut ada beberapa tips parenting yang penting kamu cermati. Penasaran? Untuk tahu kelanjutannya, simak pembahasan di bawah ini, ya.

1. Kenali apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan anak

Dengan mengenal karakter anak, termasuk apa yang menjadi kelebihan dan kekurangannya, orangtua jadi bisa lebih mudah mengarahkan anak pada pendidikan yang terbaik untuknya. Gak hanya itu, mengetahui kelebihan dan kekurangan anak juga berguna agar bisa percaya diri kendati ia berbeda dengan teman-teman sekitarnya.

2. Temani dirinya bermain

Banyak orangtua dengan alasan sibuk, kemudian jadi kurang memberi perhatian ke anak. Padahal, perhatian ini juga bentuk kebutuhan yang mestinya dipenuhi oleh orangtua, lho.

Salah satu bentuk perhatian yang bisa kamu berikan ke anak, adalah menemaninya bermain. Hal ini juga bisa mencegah anak kecanduan gadget, sesuatu yang sering dikeluhkan orangtua zaman sekarang.

Dengan menemaninya bermain, anak jadi lebih dekat dengan orangtua, kemampuan komunikasinya bisa terasah, dan yang pasti anak pun bisa tumbuh lebih percaya diri karena selalu didengarkan oleh orangtuanya.

3. Berlaku tegas

Gak sedikit orangtua yang membiarkan anak berbuat kekeliruan. Alasannya gak mau galak-galak ke anak. Memang, galak itu gak baik bagi perkembangan psikologis anak.

Meski begitu, bukan berarti ketika anak berbuat salah didiamkan saja. Sikap demikian bisa menjerumuskan anak, lho.

Cobalah berlaku tegas ke anak ketika ia berbuat salah. Misalnya, dengan menghukum untuk duduk diam selama 10 menit ketika ia sudah menyakiti temannya. Dengan demikian, anak jadi tahu mana perilaku yang benar dan salah.

4. Tidak membandingkan

Hindari membandingkan anak dengan siapa pun, apakah itu dengan saudaranya sendiri ataupun dengan anak lainnya. Membanding-bandingkan anak bisa mengganggu kondisi mentalnya, lho. Anak jadi kurang percaya diri.

Itu dia beberapa tips parenting yang bisa kamu terapkan ke si kecil. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak