facebook

4 Tips Menghadapi Anak yang Suka Membeli Jajan, Arahkan dan Beri Pengertian

Rania Erin Oktiara
4 Tips Menghadapi Anak yang Suka Membeli Jajan, Arahkan dan Beri Pengertian
Ilustrasi makan bersama anak (Pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Anak kecil memang suka membeli jajan. Jangankan anak kecil, orang dewasa saja juga suka. Jenis jajan yang beragam terkadang bikin ketagihan dan rasanya ingin mencoba semuanya. Namun, terlalu banyak jajan juga tidak baik. Terlebih bagi jajanan yang belum jelas kebersihannya.

Hal ini bisa menimbulkan masalah kesehatan seperti diare, batuk, flu, dan penyakit lainnya. Selain itu, banyak jajan juga bikin boros. Oleh karena itu, sebagai orang tua hendaknya membatasi anak untuk membeli jajan.

Berikut 4 tips yang bisa dilakukan untuk menghadapi anak yang suka jajan di luar.

1. Membelikan stok jajan selama satu bulan

Orang tua bisa membelikan anak stok jajan selama satu bulan sehingga anak tidak perlu membeli jajan lagi ketika di luar rumah. Jajan yang sudah dibeli itu bisa dibawa dan dimakan ke sekolah sebagai camilan. Dengan begini, bisa meminimalisir agar anak tidak jajan sembarangan.

2. Membatasi uang saku

Setiap orang tua tentu punya aturan dalam memberikan uang saku anaknya. Baik memberikannya setiap hari, satu minggu sekali, atau bahkan satu bulan sekali.

Batasi memberi uang saku pada anak agar ia bisa mengontrol untuk membeli jajan di luar tanpa sepengetahuan orang tuanya. Uangnya yang terbatas itu membuatnya berpikir ulang akankah cukup atau tidaknya saat membeli jajan yang banyak.

Apabila anak merasa minder dengan teman-temannya yang bebas memilih dan membeli jajan, maka orang tua perlu melakukan pendekatan untuk menasihati anak dengan baik. Misalnya bahwa tidak semua yang dibeli orang lain itu baik untuk kesehatan diri sendiri, bisa mencobanya lain waktu dan makan bersama, atau alasan lain yang masuk akal.

3. Mengajari anak cara mengelola keuangan yang baik

Ajari anak mengelola keuangan dengan baik misalnya mengajaknya menyisihkan uang yang tersisa dari jatah jajannya untuk ditabung dan bisa digunakan untuk kepentingan lainnya yang lebih bermanfaat.

4. Membuat camilan sehat di rumah

Salah satu cara untuk membatasi anak sering jajan di luar ialah dengan membuatkannya camilan di rumah seperti bolu, kue kering, puding, dan camilan lainnya yang disukai oleh anak-anak. Orang tua juga bisa mengajak anaknya membuat camilan bersama. Hal ini bisa membuat nafsu makan anak meningkat karena tidak sabar ingin mencoba camilan buatannya.

Itulah 4 tips yang bisa dilakukan agar anak tidak sering jajan di luar. Semoga membantu!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak