facebook

4 Tips Mengubah Kegagalan Jadi Kesuksesan, Pelajari Penyebabnya!

Susanti ..
4 Tips Mengubah Kegagalan Jadi Kesuksesan, Pelajari Penyebabnya!
Ilustrasi wanita sukses (Freepik.com/lookstudio)

Kegagalan dan kesuksesan ibarat dua sisi mata uang yang sama. Sudah kodratnya bila menginginkan kesuksesan, maka harus siap untuk merasakan kegagalan.

Sayangnya, tak semua orang sadar akan hal ini. Gak sedikit orang yang ingin sukses, tapi gak siap dengan kegagalan yang dialami. Akhirnya, menyerah dan tak lagi berminat untuk meraih mimpi.

Agar hal itu tak sampai terjadi, sebaiknya ubah kegagalan yang kamu alami menjadi kesuksesan. Bagaimana caranya? Berikut akan dibahas lebih jauh.

1. Pelajari penyebabnya

Pasti ada alasan kenapa kamu bisa gagal. Boleh jadi karena kurang persiapan, atau hal lainnya. Cobalah pelajari apa yang menjadi akar masalahnya, sehingga di kemudian hari bisa dihindari, dan kamu gak menemui kegagalan yang sama.

Dengan demikian, kegagalan yang terjadi saat ini gak sia-sia. Ada hikmah yang kamu petik darinya, dan itu bisa dijadikan batu loncatan kesuksesan.

2. Jadikan kegagalan alasan untuk sukses

Bagaimana rasanya kegagalan? Pasti tidak mengenakkan, bukan? Tak jarang kegagalan ini menimbulkan rasa malu dan menginjak-injak harga dirimu.

Sayang sekali bila berbagai kepahitan tersebut sudah kamu rasakan, tapi akhirnya menyerah. Maka, kepahitan itu jadi sia-sia.

Agar kegagalan dan berbagai perasaan tak nyaman akibat kegagalan itu gak sia-sia, maka jadikanlah alasan untuk sukses. Justru karena rasanya pahit itulah kamu mesti sukses.

3. Ubah metodenya

Kalau kata Einstein, hanya orang gila yang melakukan hal sama berulang kali, tapi mengharapkan hasil berbeda. Itu sebabnya, agar kamu gak gagal terus-menerus, pelajari kegagalan tersebut, dan ubah metodenya.

Misalnya, kamu ingin menjadi karyawan teladan. Tapi, selama ini selalu terkendala dengan bangun kesiangan melulu sehingga datang ke kantor telat.

Maka, ubah kebiasaanmu. Yang biasanya begadang, sekarang jadi tidur lebih awal agar bisa bangun lebih pagi. Jadi, harus ada yang diubah jika mengharapkan hasil berbeda.

4. Terima kritik dan saran

Langkah selanjutnya agar kamu bisa mengubah kegagalan menjadi kesuksesan, yaitu dengan menerima kritik dan saran. Jangan keras kepala dan merasa paling pintar. Hal itu gak akan membawamu pada kesuksesan.

Justru kamu mesti berterima kasih, lho, dengan orang yang bersedia mengkritik. Karena dari situ kamu jadi tahu apa yang mesti diperbaiki.

Coba terapkan langkah-langkah tadi agar kegagalanmu bisa berubah jadi kesuksesan, ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak