facebook

Sadarilah! 3 Hal Ini Buah dari Kebaikan yang Kamu Berikan pada Teman

Ruslan Abdul Munir
Sadarilah! 3 Hal Ini Buah dari Kebaikan yang Kamu Berikan pada Teman
Ilustrasi memberi (Pexels/PNW Production)

Berbuat baik merupakan salah satu tindakan yang dilakukan dengan kerelaan hati agar orang lain merasa terbantu dengan bantuan yang diberikan. Berbuat baik kepada siapa pun termasuk teman sepermainan adalah hal yang penting dilakukan agar pertemanan dapat terjalin dengan baik.

Kebaikan yang diberikan kepada orang lain tanpa mengharapkan imbalan dan balasan atas apa yang sudah dilakukan merupakan hal yang tepat. Kebaikan tersebut pasti akan kembali lagi kepada kita melalui hal-hal ataupun cara yang berbeda.

Berbuat baik tidak hanya dengan cara membantu dari segi materi saja. Berbuat baik dengan memberi bantuan tenaga dan pikiran saja apabila membuat orang lain merasa terbantu merupakan suatu kebaikan yang pastinya akan berbuah manis suatu hari nanti. 

Beberapa hal yang mungkin tidak disadari bahwa hal ini adalah suatu pertanda bahwa kamu adalah orang baik dan kebaikan itu akan berbuah manis dengan cara dan hal yang berbeda. 

1. Lebih dihargai

Lebih dihargai dalam hal ini bukan berarti kita menjadi pribadi yang angkuh dan ingin dihargai. Namun, apabila menjadi orang baik orang lain pun akan memandang kita sebagai orang baik pula. Predikat sebagai orang baik tersebut merupakan salah satu bentuk penghargaan terbesar dalam hidup karena tidak semua orang dapat dikatakan sebagai orang baik.

Selalu berusaha menjadi orang baik sesuai kemampuan dan versi kita masing-masing menjadi sebuah nilai yang kita miliki sebagai manusia, sehingga kita akan lebih dihargai oleh teman kita.

2. Memunculkan kesan baik pada diri

Orang yang baik pada sesama teman tentu akan kembali memunculkan pandangan baik dari orang lain pada dirinya.

Meskipun orang lain tidak tahu bagaimana sebenarnya pribadi kita, tetapi dengan adanya pandangan baik dari orang lain setidaknya akan menjadi motivasi lebih bagi diri kita untuk terus memperbaiki diri bahwa kita adalah benar adanya seperti pandangan orang lain terhadap kita.

3. Sering dicari teman

Menjadi pribadi yang baik kepada sesama teman tentu akan membuat teman merasa nyaman dengan keberadaan kita. Teman akan lebih percaya kepada kita, bahkan jika teman kita membutuhkan bantuan dalam bentuk apa pun mereka akan mencari seseorang yang memang tepat salah satunya adalah kita sebagai teman baiknya.

Itulah tiga hal yang perlu disadari bahwa setiap hal yang terjadi pada kita saat ini adalah buah dari kebaikan-kebaikan yang kita perbuat kepada teman kita. Semoga kita dapat terus berbuat baik tanpa mengharapkan balasan dan imbalan apa pun. Yakinlah setiap kebaikan yang kita perbuat akan kita tuai kembali suatu saat nanti.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak