facebook

Merasa Tersiksa saat Makan Sayur? Berikut 5 Tips agar Menyukai Sayuran

Siti Muawanah
Merasa Tersiksa saat Makan Sayur? Berikut 5 Tips agar Menyukai Sayuran
Ilustrasi sayur (Pexels/Ella Olsson)

Mereka yang tidak menyukai sayuran bukan hanya anak kecil saja, tetapi juga orang dewasa. Padahal, mengonsumsi sayuran memiliki banyak manfaat yang sangat baik bagi tubuh dan kesehatan. Sayuran menjadi sumber mineral, serat, dan vitamin bagi tubuh. Berikut beberapa tips agar kamu yang tidak suka sayur menjadi suka makan sayur.

1. Masak dengan bumbu dan rempah-rempah 

Banyak yang tidak suka makan sayur bahkan merasa tersiksa ketika memakannya karena rasa sayuran yang dimasak hambar atau bahkan pahit. Untuk itu cobalah olah sayuran dengan mencampurkan bumbu dan rempah-rempah yang lengkap untuk menciptakan rasa yang cocok di lidah.

Bumbu rempah yang bisa dipakai seperti cabai, lada, bawang merah dan putih, atau perasan lemon agar rasanya semakin kuat. Kalau kamu penyuka makanan pedas, sayuran yang dimasak bisa dibuat sedikit pedas manis agar rasanya lebih enak.

2. Dijadikan Minuman

Tips lain agar kamu menyukai sayuran adalah dengan cara menjadikannya jus atau smoothies. Kamu juga bisa mencampurkannya dengan beraneka ragam buah favorit untuk menetralisir rasa sayuran yang hambar.

Tapi, perlu diketahui jika sayuran diblender itu akan mengurangi seratnya. Jadi, buatlah jus atau smoothies sebagai selingan saja. Usahakan untuk tetap mengonsumsi sayuran utuh agar seratnya tidak berkurang.

3. Olah menjadi camilan

Tidak ada alasan untuk tidak memakan sayur. Meskipun kamu mungkin keberatan untuk mengonsumsi sayuran karena rasanya yang hambar, kamu tetap bisa menikmati sayur dengan mengolahnya menjadi camilan seperti menjadikan bayam sebagai keripik, membuat martabak sayur, bakwan dengan banyak sayur, dan lain-lain.

Kamu juga bisa menambahkan banyak potongan sayur jika sedang makan mie instan sebagai topping.

4. Mulailah dari sayuran yang paling favorit

Kamu bisa mengingat-ingat mungkin saja masih ada jenis sayur tertentu yang masih bisa kamu tolerir untuk dimakan. Jika kamu tidak suka sayur pare yang pahit atau daun singkong yang hambar, kamu bisa mencoba bayam, brokoli, wortel, atau sayuran lainnya. Untuk menciptakan rasa suka pada sayur, kamu bisa mengonsumsi dari sayuran yang paling kamu sukai. 

5. Pilih sayur warna-warni

Tampilan makanan juga turut serta mempengaruhi selera makan. Jadi, usahakan sayuran yang hendak kamu konsumsi memiliki jenis dan warna yang beragam agar memanjakan mata dan memunculkan selera makan yang lebih baik.

Kamu bisa mencampurkan toge, bayam, wortel, kubis ungu, dan sayuran dengan warna lainnya. Kamu juga bisa menambahkan bumbu kacang atau bumbu gurih lainnya agar rasa sayurnya semakin enak.

Ingat, kandungan yang terdapat dalam sayur sangat bagus dan sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Untuk itu, semoga beberapa tips di atas bisa membantu kamu untuk lebih menyukai sayur.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak