facebook

5 Tips Menghilangkan Rasa Khawatir yang Patut Kamu Coba

Husein Fadhilah
5 Tips Menghilangkan Rasa Khawatir yang Patut Kamu Coba
ilustrasi khawatir (Pexels.com/RODNAE Prod)

Khawatir adalah hal yang wajar terjadi. Perasaan ini umumnya disebabkan karena tingkat stres telah memuncak yang melibatkan serangkaian respon hormonal dan fisiologis, sehingga kamu akan merasa tidak aman atau merasa akan ada hal yang mengancammu. Hal ini dapat mengakibatkan detak jantung berjalan lebih cepat, tekanan darah naik, pernapasan menjadi kurang lancar, dan terkurasnya energi mentalmu. Nah, agar kamu tidak terus-terusan diganggu oleh rasa khawatir ini, kamu dapat mencoba beberapa tips penghilangan kekhawatiran berikut ini.

1. Lakukan meditasi

Meditasi dapat membantumu untuk lebih rileks dalam menghadapi sesuatu. Meditasi sangat penting untuk mengatasi kekhawatiranmu karena dengan meditasi, rasa stres dapat dikelola dengan baik dalam diri. Kamu bisa memulainya dengan meditasi kecil. Tarik napas dalam-dalam lalu hembuskan. Ulangi kegiatan itu setidaknya 6 kali. Lanjutkan dengan melakukan peregangan tubuh. Agar efektif, kamu dapat mengambil kelas yoga di dekat tempat tinggalmu. 

2. Pikirkan hal-hal yang positif

Kamu mungkin kurang percaya diri atau merasa apa yang kamu lakukan akan kacau dan tidak terkendali. Hal itu dapat menjadi penyebab kekhawatiranmu. Langkah tepat yang harus kamu lakukan adalah buang-buang pikiran negatif dan kelola pikiran positif.  

Jangan berfikir bahwa kegiatan yang kamu lakukan akan berjalan dengan buruk. Kumpulkan kepercayaan dirimu atau gunakan positive self-talk. Pikirkan bahwa kamu mampu melakukan sesuatu dengan baik.

3. Bayangkan hal terburuk yang akan terjadi jika kamu terus khawatir

Jika kamu khawatir secara berlebihan, maka apa yang akan kamu lakukan pasti mengalami kegagalan. Kamu akan melakukannya dengan kurang baik karena performa mentalmu terkuras hanya untuk memikirkan kekhawatiranmu. Tanyakan pada dirimu, "apa untungnya jika aku khawatir?" atau "bisakah aku terus maju jika hanya berfikir tentang kekhawatiranku?". Apalagi jika kamu khawatir saat akan melakukan wawancara kerja. Kamu pasti akan menjawab secara kurang baik, pikiranmu menjadi loading, dan direktur perusahaan tersebut akan menganggap bahwa kamu tidak pantas bekerja disana.

4. Setel musik akustik 

Jika kamu sedang khawatir, ada baiknya kamu menyetel musik akustik. Mendengarkan musik yang lambat dan lembut bisa membantumu agar lebih rileks dan tenang. Cobalah duduk di kursi sejenak dan putar lagu seperti Gajah - Tulus, Photograph - Ed Sheeran, Like Water - Wendy, atau Sing For You - EXO. 

Hindari musik-musik yang bernada keras walau dengan dalih untuk membangkitkan semangatmu. Memang semangatmu akan kembali, namun pekerjaan yang kamu lakukan akan terkesan buru-buru dan otakmu akan menjadi lebih tegang. 

5. Tidur yang cukup

Penelitian menyimpulkan bahwa pemicu kekhawatiran yang berlebihan adalah kurangnya waktu tidur. Mereka yang waktu tidurnya kurang dapat meningkatkan stres dan kondisi kesehatan mental serius lainnya. Nah, ketika kamu sudah lelah, tidurlah. Tinggalkan sebentar pekerjaanmu jika belum masuk waktu deadline. Pilihlah waktu tidur yang pas dan pastikan kamu tidur dalam waktu setidaknya 7 - 9 jam setiap harinya. Agak tidurmu terasa nyenyak, cobalah lakukan peregangan dan relaksasi kecil. Hal itu akan sangat membantumu.

Nah, itu dia kelima cara yang bisa membuat kekhawatiranmu menghilang. Jangan biarkan kekhawatiranmu menganggu aktivitas sehari-harimu, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak