facebook

3 Hal yang Harus Diingat Saat Hendak Mengadakan Acara Pernikahan

Sapta Stori
3 Hal yang Harus Diingat Saat Hendak Mengadakan Acara Pernikahan
Ilustrasi pernikahan (unsplash.com/ Go to Jeremy Wong Weddings)

Pernikahan merupakan upacara yang diadakan oleh dua sejoli untuk meresmikan ikatan mereka dan menjadi suami-istri. Pernikahan menjadi langkah awal bagi seseorang membangun rumah tangga dan memiliki keluarga. Umumnya, upacara pernikahan akan dirayakan dalam sebuah acara atau pesta. Namun, sebelum melaksanakannya, ada beberapa hal yang harus diingat oleh calon mempelai yang hendak mengadakan acara pernikahan, di antaranya adalah:

1. Jagalah kesakralan pernikahan

Acara pernikahan umumnya menjadi hari yang paling membahagiakan, di mana kita disatukan dalam ikatan suci dengan orang yang diharapkan akan menjadi pasangan kita seumur hidup. Adalah wajar jika kita mengekspresikan kebahagiaan dengan berbagai cara. Namun, jangan sampai luapan kebahagiaan itu membuat kita melakukan sesuatu yang justru melewati batas, berakibat buruk atau bahkan sampai merusak kesakralan acara pernikahan.

2. Sesuaikanlah dengan kemampuan diri dan calon pasangan

Setiap orang yang akan menikah tentunya ingin dapat menggelar acara pernikahan terbaik, terlebih selalu ada harapan acara itu hanya akan diadakan satu kali seumur hidup. Namun, acara pernikahan tidak semestinya memberatkan dan menyulitkan kita, bahkan sebelum kita benar-benar memasuki gerbang pernikahan.

Selain menyesuaikan dengan kemampuan diri, kita juga harus bisa memahami kemampuan calon pasangan. Jangan sampai menyulitkan kedua belah pihak, apalagi sampai harus berutang sana-sini demi menggelar pesta pernikahan yang mewah. Adakanlah acara pernikahan terbaik sesuai dengan yang kita mampu.

3. Bedakan syarat dan rukun pernikahan dengan adat dan tradisi di masyarakat

Syarat dan rukun pernikahan adalah hal yang sudah seharusnya ada dalam sebuah pernikahan. Kehilangan salah satunya akan membuat pernikahan tidak sah. Penting bagi calon pengantin untuk membedakannya dengan adat dan tradisi yang biasa dilakukan di masyarakat. Adat dan tradisi ini tentunya mesti pula dijaga, tapi tidak mengurangi esensi sebuah pernikahan ketika tidak dilakukan karena tidak ada kesanggupan dari calon pengantin.

Demikian tiga hal yang harus diingat saat hendak mengadakan acara pernikahan. Dua sejoli yang hendak mengikat janji suci sudah semestinya dipermudah dan saling memudahkan, bukan dipersulit dan saling menyulitkan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak