facebook

3 Manfaat Meluangkan Waktu Bersama Keluarga yang Harus Kamu Tahu

Sapta Stori
3 Manfaat Meluangkan Waktu Bersama Keluarga yang Harus Kamu Tahu
Ilustrasi keluarga (unsplash.com/Sarah Medina)

Keluarga adalah lingkungan pertama yang kita kenal sebelum menyentuh dunia luar. Sejauh apa pun kita pergi, kita pasti akan kembali pulang ke tempat keluarga kita berada. Kita mungkin disibukkan dengan kegiatan sehari-hari atau pekerjaan kita. Namun, jangan sampai kita lupa meluangkan waktu bersama keluarga. Sebab, hal ini dapat mendatangkan berbagai manfaat, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengeratkan hubungan kekeluargaan

Meluangkan waktu untuk keluarga menjadi salah satu cara mengeratkan hubungan kekeluargaan. Melalui waktu bersama akan membantu setiap anggota keluarga untuk saling memahami satu sama lain. Jangan sampai kita semakin akrab dengan orang lain di luar, tapi hubungan kita dengan keluarga justru merenggang. Hubungan kekeluargaan yang erat akan menjadi penyemangat dalam menjalani hari-hari dan menjaga agar hubungan sesama anggota keluarga tidak mudah tergoyahkan oleh gangguan dan cobaan yang datang dari luar.

2. Keluarga merasakan kehadiran kita

Meluangkan waktu untuk keluarga akan membuat mereka merasakan kehadiran kita. Misalnya saja, seorang ayah yang menyempatkan diri untuk menemani dan membimbing anaknya belajar dengan baik. Dengan begitu, anak akan merasakan kehadiran ayahnya.

Sempatkanlah untuk berekreasi, makan bersama atau bahkan untuk sekadar berbincang dan berbagi cerita masing-masing dengan keluarga. Sesederhana apa pun kegiatan yang dilalui bersama, waktu yang dihabiskan bersama keluarga akan menjadi kenangan yang berharga.

3. Tidak ada penyesalan di kemudian hari

Cerita orang-orang yang merasakan penyesalan karena tak pernah sempat meluangkan waktu untuk keluarganya kerap terdengar. Kisah seperti ini seringkali terdengar saat seseorang ditinggalkan orang yang dicintainya untuk selama-lamanya. Ia lantas merasa menyesal mengapa ia tidak meluangkan waktu lebih banyak untuk orang tercinta.

Menyempatkan waktu untuk berkumpul dengan keluarga akan menghindarkan kita dari penyesalan seperti ini. Setidaknya, kita berusaha untuk tidak membuat keluarga kita merasa kesepian dengan tidak hadirnya kita di tengah-tengah mereka.

Demikian tiga manfaat meluangkan waktu bersama keluarga. Sesibuk apa pun kita di luar rumah, jangan sampai kita lupa untuk meluangkan waktu dengan keluarga kita, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak