facebook

5 Cara Mudah untuk Menjalani Hidup yang Lebih Bahagia

Santi Kartika
5 Cara Mudah untuk Menjalani Hidup yang Lebih Bahagia
Ilustrasi wanita (Pexels.com/Andrea Piacquadio) Link: https://www.pexels.com/photo/photo-of-woman-standing-on-sunflower-field-3756168/

Menjalani hidup yang bahagia tentu merupakan impian dan dambaan setiap orang. Tidak ada manusia yang ingin hidup tidak bahagia. Untuk menjalani hidup yang bahagia dapat dilalui dengan berbagai cara. Berikut ini akan dipaparkan lebih lanjut mengenai 5 cara mudah untuk menjalani hidup yang lebih bahagia.

1. Berbagi kepada orang lain

Ilustrasi berbagi (Pexels.com/RODNAE Productions)
Ilustrasi berbagi (Pexels.com/RODNAE Productions)

Berbagi kepada orang lain akan menciptakan kebahagiaan dan kesenangan tersendiri bagi kita. Kamu mungkin bisa mulai berbagi ke orang terdekat yang mungkin membutuhkan bantuanmu.

Selain akan menciptakan kebahagiaan bagi orang lain, dengan berbagi, kamu juga akan mendapatkan kebahagiaan tersendiri.

2. Rasa bersyukur

Ilustrasi wanita (Pexels.com/Artem Beliaikin)
Ilustrasi wanita (Pexels.com/Artem Beliaikin)

Rasa bersyukur berarti mensyukuri atas apa yang telah kita miliki. Adanya rasa bersyukur akan mengurangi emosi negatif dan mengurangi depresi. Selain itu, adanya rasa bersyukur juga akan meningkatkan kebahagiaan di diri kita.

3. Memiliki tidur yang berkualitas

Ilustrasi wanita (Pexels.com/Ketut Subiyanto)
Ilustrasi wanita (Pexels.com/Ketut Subiyanto)

Tidur yang berkualitas akan mampu meningkatkan energi dan dapat menurunkan stress. Namun sebaliknya, tidur yang kurang berkualitas atau kurangnya waktu tidur akan dapat meningkatkan stress pada diri kita.

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, pastikan kamu mengurangi konsumsi caffeine dan pastikan juga kamu mengurangi penggunaan ponsel sebelum tidur.

4. Kurangi penggunaan media sosial

Ilustrasi wanita (Pexels.com/mikoto.raw Photographer)
Ilustrasi wanita (Pexels.com/mikoto.raw Photographer)

Media sosial memang sangat memudahkan kita untuk terhubung dan berkomunikasi dengan orang lain. Namun, penggunaan media sosial yang kurang bijak juga dapat menimbulkan dampak-dampak negatif bagi diri kita. Tidak jarang, banyak orang yang kerap membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Penggunaan media sosial yang kurang bijak juga menurunkan self-esteem, karena adanya rasa membanding-bandingkan dengan orang lain, seperti membandingkan pencapaian mengenai karier, kekayaan, dan lain sebagainya.

Apabila media sosial menimbulkan dampak yang negatif untuk kamu, maka kamu sebaiknya tidak usah ragu untuk segera mengurangi penggunaan media sosial demi kesehatan mental dan juga kebahagiaanmu.

5. Yoga

Ilustrasi wanita (Pexels.com/Max Nikhil Thimmayya)
Ilustrasi wanita (Pexels.com/Max Nikhil Thimmayya)

Melakukan yoga bermanfaat bagi pikiran dan juga tubuh, yang kemudian akan berdampak pada peningkatan kebahagiaan dalam diri kamu. Selain bermanfaat pada kesehatan fisik, melakukan yoga juga akan bermanfaat bagi kesehatan mentalmu. Kamu bisa melakukan yoga di mana saja. Kamu bahkan bisa melakukan yoga di rumah, kapan pun kamu mau.

Itu tadi adalah 5 cara mudah untuk menjalani hidup yang lebih bahagia. Kamu sudah melakukan yang mana saja?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak