facebook

4 Hal Sederhana yang Ampuh Memperbaiki Mood, Tertarik Mencobanya?

Dream Praire
4 Hal Sederhana yang Ampuh Memperbaiki Mood, Tertarik Mencobanya?
ilustrasi orang gembira (Pexels/ Anna Tarazevich)

Adakalanya perasaan menjadi tak menentu karena tekanan berbagai persoalan maupun tanggung jawab yang besar. Keadaan yang tidak ideal ini jika tak diatasi dapat berubah menjadi suatu kondisi yang lebih serius dan perlu penanganan lebih lanjut.

Bukan tak mungkin masalah yang harus dihadapi tak separah yang ditakutkan. Namun perasaan yang buruk dapat membuat semua hal menjadi terasa lebih berat. Karenanya ada baiknya saat sedang suntuk, kamu memperbaiki mood kamu terlebih dahulu sebelum mencari jalan keluar dari masalahmu.

Tak selalu hal-hal besar yang dapat membuat mood membaik. Ada hal-hal sederhana namun cukup jitu memperbaiki mood kamu yang sedang buruk sekalipun. Berikut empat di antaranya:

1. Mendengarkan musik

ilustrasi mendengarkan musik (Pexels/ Marcelo Chagas)
ilustrasi mendengarkan musik (Pexels/ Marcelo Chagas)

Musik kesukaan kamu adalah salah satu media yang dapat membuat perasaan menjadi lebih baik dalam waktu cepat. Tak ada ruginya kamu membuat playlist lagu-lagu favorit kamu.

Saat harimu terasa kurang menyenangkan, kamu tinggal memutar daftar lagu favorit kamu ini dan cobalah menikmatinya sepenuh hati agar perasaan kamu segera membaik.

2. Bermain dengan hewan peliharaan

ilustrasi hewan peliharaan (Pexels/ Tasha_WhiteGold)
ilustrasi hewan peliharaan (Pexels/ Tasha_WhiteGold)

Hewan piaraan bisa menjadi teman yang baik bahkan sahabat manusia.  Kamu bisa melupakan masalah kamu dengan bermain bersama hewan peliharaan kamu loh. Pastiikan hewan peliharaan kamu terawat dengan baik ya agar tidak menimbulkan masalah kesehatan.

Perhatikan juga kita kamu mempunyai alergi yang berkaitan dengan hewan, kamu perlu selektif dan mengutamakan kesehatan kamu sebelum menentukan pilihan hewan yang akan kamu jadikan sahabat.

3. Membaca buku

ilustrasi membaca (Pexels./ Andrea Piacquadio)
ilustrasi membaca (Pexels./ Andrea Piacquadio)

Buku bisa membawa kamu mengembara ke mana-mana. Imajinasi kamu saat membaca buku bisa membuat pikiran kamu melupakan sejenak permasalahan yang ada. 

Dan hal-hal menyenangkan yang kamu rasakan dalam dunia buku biasanya cukup ampuh memperbaiki perasaan kamu. Tentunya kamu sebaiknya memilih jenis buku yang memang kamu senangi ya. 

4. Menulis

ilustrasi menulis (Pexels/ Cup of  Couple)
ilustrasi menulis (Pexels/ Cup of Couple)

Kamu bisa menulis di buku harian apa yang membebani pikiran kamu. biasanya ini akan terasa melegakan. Kamu seperti menyampakan curahan hati kepada orang lain tanpa takut dihakimi. 

Kamu bebas menuliskan apa saja di buku harian milikmu dan jika banyak hal yang hanya ingin kamu simpan sendiri, maka kamu harus menjaga buku harian kamu dengan baik. Letakkan di tempat yang tidak mudah diakses oleh siapapun. 

Itulah 4 hal sederhana yang dapat membantu kamu memperbaiki mood dengan cepat dan mudah. Perasaan yang baik memang dapat membuat banyak perbedaan terhadap cara memandang suatu permasalahan. Ingatlah untuk mmperbaiki perasaan sebelum mencari solusi suatu persoalan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak