facebook

5 Cara Berteman dengan Introvert

Alvi Nur Jannah
5 Cara Berteman dengan Introvert
Ilustrasi Orang Introvert (Freepik/Freepik)

Orang introvert adalah orang yang cenderung menutup diri dari orang banyak. Mereka lebih fokus pada suasana hati, pikiran dan kepribadian mereka sendiri sehingga sering mengesampingkan orang lain. Namun hal ini membuat orang introvert memiliki kemampuan fokus yang lebih tinggi dibanding orang pada umumnya.

Karena terlalu fokus pada diri sendiri, orang introvert menjadi orang yang pemalu dan tidak memiliki inisiatif. Mereka juga cenderung untuk menolak berinteraksi dengan orang lain karena mereka merasa tidak nyaman.

Berikut 5 cara yang bisa kalian terapkan agar bisa berteman dengan seorang introvert!

1. Dekati pelan-pelan

Orang dengan introvert akan merasa risi dan tidak nyaman bila kalian tiba-tiba sok akrab dengan mereka. Maka mulailah untuk mendekati mereka pelan-pelan dan dengan bertahap.

Mungkin pada hari pertama kalian bisa memulai mengenalkan diri kalian atau menyapa namanya. Di hari kedua kalian bisa mencoba mengajaknya makan siang bersama di kantin. Di hari ketiga kalian bisa bertanya sesuatu yang terkait dirinya seperti hobi, kesukaan dll. Dan begitu seterusnya hingga mereka bisa akrab denganmu.

2. Perhatikan dulu dari jauh

Perhatikan apa yang dia lakukan, misalkan dia sedang sibuk dengan pekerjaannya, maka sebaiknya jangan mengganggunya. Jika dia sedang sibuk melakukan sesuatu seperti bermain rubi atau semacamnya, cobalah untuk mendekatinya dan katakan seperti ini "Sepertinya menyenangkan, bisa ajari saya?"

3. Minta tolong

Mencoba minta tolong pada temanmu yang introvert juga dapat membuat kalian lebih akrab. Mintalah tolong dengan cara yang baik dan jangan memaksa. Di lain waktu, cobalah untuk menawarkan diri menolongnya melakukan sesuatu meskipun dia tidak memintanya.

4. Tawarkan sesuatu

Cobalah untuk menawarinya minuman, makanan, buku atau hal lain yang mungkin akan dia sukai. Namun jika dia tidak tertarik, kalian hanya perlu untuk duduk di dekatnya, perhatikan apa yang dia lakukan, lalu mulailah untuk ngobrol ringan agar kalian tidak canggung.

5. Puji apa yang sedang dia lakukan

Orang introvert juga merupakan orang normal yang suka dengan pujian. Sekali-kali cobalah untuk memuji karyanya atau prestasinya. Ini akan membuat dia merasa bahwa kalian memperhatikannya dengan tulus dan dia akan membuka diri terhadap kalian.

Sebenarnya, orang introvert itu adalah orang normal namun belum menemukan orang yang tepat yang membuat mereka nyaman bersamanya. Jika kalian sudah akrab dengan mereka, maka mereka akan cenderung lebih cerewet dan ingin berbagi banyak hal kepada kalian.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak