facebook

5 Tips Menjalani Sesuatu dengan Tenang

Husein Fadhilah
5 Tips Menjalani Sesuatu dengan Tenang
ilustrasi bermain musik. [Pexels.com/Pavel Danilyuk]

Kekacauan mengatur sebagian besar hidup kita. Banyak beban hidup yang membuat hidup kita menjadi lebih rumit, ribet, bermasalah, dan merepotkan. Kita menjadi lebih kewalahan dalam menjalaninya, sehingga kita menjadi lebih terburu-buru dan mengacaukan semuanya.

Di artikel ini, saya akan membagikan beberapa tips sederhana yang tidak baru bagi sebagian besar orang, tetapi itu adalah pengingat untuk membawa ke hari yang lebih tenang.

1. Berhenti dan bernafas

Cukup luangkan waktu beberapa kali di siang hari untuk berhenti dari segala kesibukan dan lakukan sedikit relaksasi. Tarik nafas dalam-dalam lalu hembuskan secara perlahan. Perhatikan bagaimana perasaanmu setelah melakukan itu. 

2. Lakukan sesuatu dengan benar-benar menikmatinya

Saat makan, makanlah dengan jeda, tarik napas di antara jeda itu, dan nikmati setiap suapan dengan sungguh-sungguh. Kita dapat melakukan ini dengan aktivitas apa pun, bukan hanya saat makan. Lakukan secara perlahan, dan nikmati aktivitasnya. Mencuci piring, mandi, menggosok gigimu, membersihkan kamar, atau pergi bekerja. Yang jelas, nikmati sepenuhnya.

3. Seringlah berada di tempat yang hening

Hampir setiap saat sepanjang hari, kita dapat menemukan keheningan. Meringkuk di sofa dengan sebuah buku. Duduk di bangku taman sambil berjalan-jalan. Pergi ke luar dan lihat ke langit atau ke pepohonan. Alih-alih terus-menerus bergerak, kita dapat berhenti dalam keheningan dan menikmati keheningan itu.

4. Lakukan perawatan diri 

Hal-hal kecil seperti menggosok gigi, bisa menjadi ritual untuk memunculkan self-reward. Lakukanlah perawatan seperti merias wajah, memotong kuku, dan menonton TV untuk perawatan mental. Hal itu sangat membantu untuk membuat harimu menjadi lebih tenang.

5. Tanyakan pada diri sendiri apa yang akan membuatmu bahagia hari ini

Setiap hari, kamu bisa mulai dengan menanyakan apa yang membuat kamu bahagia. Apakah ada yang mampu membuat hari ini menjadi hari yang menyenangkan? Prawatan diri? Video call dengan sahabatmu? Jadikan ini sebagai prioritas utama untuk hari-harimu.

Nah, itulah berbagai tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat keseharianmu berjalan dengan tenang. Sudahkan kamu mencobanya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak