4 Tips Supaya Kamu Tidak Mengkritik Pasangan Secara Berlebihan

Dhelvin Agung
4 Tips Supaya Kamu Tidak Mengkritik Pasangan Secara Berlebihan
Ilustrasi pasangan. (pexels/Timur Weber)

Mungkin saja selama ini kamu tidak sadar, bahwa apa yang kamu bicarakan itu sudah mengkritik pasangan secara berlebihan. Sebab, kamu sudah menyinggung perasaan pasangan. Sehingga, dia merasa sakit hati dengan apa yang sudah kamu lakukan. Hal ini jika biarkan, tentu saja akan membahayakan hubungan asmara kamu dengan pasangan. Untuk itu, kamu harus bisa berhenti melakukan hal tersebut. Dengan cara, menerapkan sejumlah tips seperti di bawah ini. Berikut empat tips supaya kamu tidak mengkritik pasangan secara berlebihan.

1. Jangan Lupa Memuji

Ketika pasangan sedang melakukan sesuatu, jangan lupa kamu memuji dia. Dengan begitu, kamu tidak akan mengkritik dia secara berlebihan. Sebab, kamu lebih menghargai apa yang sudah dia lakukan, daripada hanya fokus pada kekurangannya saja. Hal ini tentu saja bukan hanya bisa membuat pasangan bahagia. Namun, juga bisa membuat hubungan asmara semakin baik.

2. Harapan yang Realistis

Ketika kamu memiliki harapan yang realistis pada pasangan. Pasti saja kamu tidak mengkritik pasangan secara berlebihan. Sebab, apa yang kamu inginkan dari pasangan masih bentuk yang wajar. Akan tetapi, ketika kamu memiliki harapan yang tidak realistis pada pasangan. Maka, kamu akan mengkritik pasangan secara berlebihan. Sebab kamu menganggap pasangan tidak mampu menjadi seperti apa yang kamu inginkan.

3. Berpikir Sebelum Berbicara

Dengan kamu selalu berpikir sebelum berbicara, pasti saja hal ini akan membuat kamu tidak mengkritik pasangan secara berlebihan. Sebab, kamu bisa mengendalikan hal buruk yang ingin kamu bicarakan. Bukan hanya itu, hal tersebut juga bisa membuat kamu tidak menyinggung perasaan dia. Sebab, dalam berbicara kamu tidak seenaknya saja.

4. Jangan Merasa Paling Benar

Dalam melakukan hal apapun, sebisa mungkin kamu jangan merasa paling benar. Sebab, hal tersebut bisa membuat kamu mengkritik pasangan secara berlebihan. Bukan hanya itu, hal tersebut juga bisa membuat pasangan kehilangan percaya diri. Sebab, dia menganggap apa yang dia lakukan selalu salah di mata kamu. Untuk itu, daripada kamu merasa paling benar, lebih baik kamu selalu membantu pasangan ketika dia membutuhkan bantuan. Dengan begitu, dia akan selalu merasa senang dengan apa yang kamu lakukan.

Itulah empat tips supaya kamu tidak mengkritik pasangan secara berlebihan. Untuk itu, ketika kamu berhasil menerapkan tips seperti di atas. Maka, hubungan asmara kamu dengan pasangan akan jauh dari kata bahaya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak