Tak Hanya Indah, 4 Tanaman Hias Ini Ampuh Usir Nyamuk di Rumah

Mericy setianingrum
Tak Hanya Indah, 4 Tanaman Hias Ini Ampuh Usir Nyamuk di Rumah
Ilustrasi Bunga Rosemary (Unsplash.com/Zé Ferrari Careto)

Memasuki musim penghujan seperti akhir-akhir ini biasanya akan banyak nyamuk yang masuk ke dalam rumah.  

Kemudian keberadaan nyamuk itu memang sangat mengganggu, apalagi saat menjelang tidur karena tidak sedikit orang yang digigit nyamuk hingga membuatnya tidak bisa tidur.  

Saat digigit oleh nyamuk biasanya akan meninggalkan bekas luka gigitan seperti bentol-bentol, kemerahan dan terasa gatal.

Guna mengatasi hal ini bisa dengan cara alami yakni memelihara tanaman pengusir nyamuk di dalam rumah. 

Hampir sama dengan tanaman lainnya, jenis tanaman yang mampu mengusir nyamuk atau serangga kecil lainnya karena mempunyai aroma khas yang tidak disukai oleh mereka.  

Dirangkum dari dinkes.jogjaprov.go.id, berikut ini adalah empat tanaman hias yang ampuh mengusir nyamuk di rumah. 

1. Serai Wangi

Ilustrasi serai.[pixabay.com]
Ilustrasi serai.[pixabay.com]

 

Tanaman serai wangi atau sereh adalah tanaman perdu yang sering digunakan unuk bumbu masakan oleh para ibu rumah tangga.   

Akan tetapi, rupanya serai ini juga bisa mengusir nyamuk dari rumah karena mengandung sitronnellol dan geraniol. Kedua kandungan tersebut mengeluarkan aroma yang tidak disukai nyamuk, dan bahkan, zat sitronnellolnya bisa membuat nyamuk mati.

2. Bunga Lavender

Ilustrasi Bunga Lavender (pixabay.com/ Hans)
Ilustrasi Bunga Lavender (pixabay.com/ Hans)

Bunga Lavender pasti sudah tidak asing bagi pecinta tanaman hias, selain cantik dan mempunyai aroma yang khas bunga ini juga dapat mengusir nyamuk yang bersemayam di rumah.

Kehebatan lavender sendiri tidak perlu dibuktikan lagi karena bunga ini telah banyak dijadikan bahan utama dalam pembuatan lotion anti-nyamuk.

3. Bunga Rosemary

Ilustrasi Bunga Rosemary (Unsplash.com/Zé Ferrari Careto)
Ilustrasi Bunga Rosemary (Unsplash.com/Zé Ferrari Careto)

Rosemary adalah tanaman yang tahan banting terhadap panas matahari, dapat tumbuh melalui pencangkokan, dan tahan dari  hama penyakit.

Tanaman yang mempunyai bunga indah ini bisa mengeluarkan aroma wangi yang menyengat dan seketika ampuh untuk mengusir nyamuk yang bandel. 

Caranya adalah dengan mengacaukan indera penciuman nyamuk tersebut dan menjadi kebingungan karena adanya aroma wangi dari bunga rosemary ini.

4. Bunga Krisan

Ilustrasi Bunga Krisan (Pixabay.com/ Suppenkasper)
Ilustrasi Bunga Krisan (Pixabay.com/ Suppenkasper)

Krisan adalah bunga hias yang bisa memperindah sebuah ruangan di rumah, namun tak banyak yang tahu kalau tanaman ini adalah musuh besar nyamuk.

Hal ini lantaran bunga krisan mengeluarkan aroma yang dibenci oleh nyamuk sehingga keberadaannya akan membantu rumah kita bebas dari serangan nyamuk. 

Demikianlah tadi empat tanaman hias yang ampuh mengusir nyamuk di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak