4 Hal yang Sering Disalahartikan dengan Kecerdasan Emosional

oce blue
4 Hal yang Sering Disalahartikan dengan Kecerdasan Emosional
Ilustrasi seorang pria (Pexels/Wouter de Jong)

Sering kita mengaitkan bahwa orang yang cerdas emosional adalah mereka yang bisa mengetahui segala perasaan orang lain. Padahal, tidak sepenuhnya demikian. Di bawah ini ada 4 hal yang sering dikaitkan dengan orang yang cerdas secara emosional. 

1. Selalu tenang

Orang yang cerdas secara emosional tidak menandakan bahwa dirinya juga tidak bisa merasakan ketakutan atau perasaan negatif lainnya. Kelihatannya mungkin memang demikian, dikarenakan mereka bisa mengontrol perasaan dan tidak memperlihatkan rasa sedih yang mereka alami.

Selain itu, mereka juga lebih bisa untuk bagaimana mengelola emosi yang ada. Oleh karena itu, kelihatannya mereka selalu baik-baik saja dan terlihat tenang. 

2. Bisa membaca pikiran orang lain

Percayalah, mengetahui apa yang dipikirkan orang lain itu butuh pendidikan yang tinggi. Seorang psikolog sekalipun juga tidak sepenuhnya bisa mengetahui seluruh pikiran yang ada di otak kita.

Jadi, jangan menganggap bahwa orang cerdas emosional bisa membaca pikiranmu. Mereka hanya lebih peka perasaanya dan juga lebih bisa memahami tindakan orang lain secara mendalam. Tidak semua pikiran orang itu bisa ditebak. 

3. Selalu bisa memaafkan orang lain

Ya, memang mereka mungkin terlihat sangat baik dan pemaaf. Rela menolong dan selalu membantu orang lain. Tapi mereka juga seorang manusia yang bisa merasakan kekecewaan.

Sebaik apa pun mereka, jika hatinya disakiti juga tidak semudah itu untuk memaafkan. Jadi, kita tidak boleh semena-mena dengan orang yang selalu baik kepada kita karena menganggap kesalahan kita selalu dimaafkan. 

4. Tidak pernah emosi

Marah atau emosi adalah hal wajar yang dirasakan manusia. Orang yang marah buka berarti ia tidak cerdas mengendalikan emosi. Tapi tergantung kapan dan bagaimana ia bisa marah.

Jika memang sudah kelewatan, tentu wajar saja jika seorang yang cerdas emosional merasa marah. Jangan selalu beranggapan buruk kepada orang yang sedang merasa emosi. 

Nah, itulah hal yang sering disalahartikan dengan kecerdasan emosional. Pada intinya, orang yang cerdas secara emosional adalah mereka yang bisa mengekspresikan dengan tepat dan mengelola perasaan.

Mereka juga tidak mudah dipengaruhi atau dimanfaatkan meski mereka orang yang baik. Bagaimana dengan dirimu, apakah kamu salah satu dari mereka? Semua orang dapat menajdi cerdas secara emosional, tapi tentunya juga butuh tahapan. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak