4 Alasan Mengapa Seseorang Memilih Memendam Perasaannya Sendirian

Dhelvin Agung
4 Alasan Mengapa Seseorang Memilih Memendam Perasaannya Sendirian
Ilustrasi pria. (pexels/Andrew Neel)

Tidak semua orang bisa bercerita pada orang lain tentang perasaanya. Sebab, ada juga seseorang yang lebih memilih untuk memendam hal tersebut sendirian. Hal ini mungkin saja didasari dengan sejumlah alasan. Sebab, memendam perasaan sendirian memang hal yang cukup berat untuk dilakukan. Berikut empat alasan mengapa seseorang memilih memendam perasaannya sendirian.

1. Tidak Ingin Merepotkan Orang Lain

Terkadang seseorang memilih memendam perasaannya sendirian. Hal ini disebabkan karena dia tidak ingin merepotkan orang lain. Sehingga, dia akan memahami isi perasaannya sendirian. Bukan hanya itu, dia juga tidak ingin orang lain merasakan apa yang dia rasakan.

2. Takut Justru Dihakimi

Dengan memilih memendam perasaannya sendirian, terkadang akan membuat seseorang lebih merasa tenang. Sebab, ketika dia ingin bercerita pada orang lain, dia takut justru akan dihakimi. Bukan hanya itu, dia juga takut jika apa yang ada di perasaannya justru malah disalahkan. Dengan begitu, dia akan selalu berusaha untuk memendam perasaannya sendirian. Sebab, dia tidak ingin mengalami risiko tersebut.

3. Kesulitan

Bisa jadi seseorang ingin bercerita tentang hal yang dia alami. Akan, tetap dia kesulitan untuk mencari orang yang tepat untuk berbagi cerita. Sehingga, hal ini akan membuat dia lebih memilih memendam perasaannya sendirian. Dengan begitu, dia juga merasa lebih nyaman. Walaupun, memendam perasaannya sendirian memang cukup berat untuk dilakukan. Akan tetapi, dia melakukan seperti ini karena dia menganggap hal ini cukup baik baginya.

4. Takut Menyakiti

Ketika seseorang ingin jujur tentang perasaanya, dia takut akan menyakiti orang lain. Sehingga, dia lebih memilih untuk memendam sendirian. Hal ini memang sangat baik untuk dilakukan. Sebab, seseorang tersebut selalu menjaga perasaan orang lain. Akan tetapi, hal tersebut jika dilakukan secara terus-menerus bisa menyakiti diri sendiri. Sebab, pikiran dan hati dia akan selalu merasa tertekan.

Itulah empat alasan mengapa seseorang memilih memendam perasaannya sendirian. Walaupun memang berat, tidak sedikit juga yang melakukan hal seperti itu. Sebab, sejumlah alasan seperti di atas, yang menjadi penyebabnya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak