Alasan Kenapa Seseorang Takut Jatuh Cinta dan Cara Mengatasinya

Milawati Mila
Alasan Kenapa Seseorang Takut Jatuh Cinta dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi merenung.[Unsplash.com/JC Gellidon]

Cinta merupakan hal yang sangat indah. Hal inilah yang kerap membuat seseorang jadi begitu mengejar cinta dan berkeinginan kuat untuk punya pasangan.

Meski begitu, ada pula sebagian orang yang malah takut jatuh cinta. Penasaran kenapa bisa begitu? Mengutip laman LoveAroundMe, ada beberapa alasan kenapa seseorang takut jatuh cinta. Mari kita ikuti pembahasannya sekaligus cara mengatasinya.

1. Meragukan diri sendiri

Hal pertama yang bisa menjadi alasan kenapa kamu takut jatuh cinta, yaitu merasa rendah diri. Ada keyakinan kalau kamu tidak layak dicintai sekalipun sebenarnya tertarik dengan seseorang.

Akibat keyakinan inilah yang meskipun gebetan sudah berusaha membuatmu tertarik, tapi perasaan itu ditekan. Dan terkadang justru kamu membalasnya dengan sikap buruk untuk membuat gebetan berhenti tertarik sekaligus jadi pembuktian kalau kamu memang gak layak dicintai.

2. Cinta bisa menyebabkan rasa sakit

Memang benar jatuh cinta itu indah. Akan tetapi, tak bisa dimungkiri cinta pun bisa membawa penderitaan. Hal inilah yang membuatmu jadi takut untuk jatuh cinta.

Apalagi jika pernah mendapati pengalaman pahit sebelumnya di dalam hubungan asmara. Atau ada orang sekitarmu yang sering gagal dalam menjalin cinta. Kamu pun jadi trauma.

3. Khawatir akan merusak relasi yang lain

Selama hidup, gak cuma urusan percintaan saja yang penting. Ada pula relasi lain yang bagimu sangat berharga, di antaranya hubungan keluarga dan pertemanan.

Tak sedikit kasus hubungan pertemanan dan keluarga rusak setelah seseorang menjalani asmara. Ini pula yang menjadi alasan kenapa kamu jadi takut jatuh cinta.

Lalu, seperti apa cara mengatasi ketakutan jatuh cinta? Di antara hal yang dapat kamu lakukan, yaitu berhenti membiarkan rasa takut itu membuatmu tidak bisa menikmati hidup seutuhnya. Buang berbagai pemikiran negatif dan ganti dengan positif. Coba lihat lagi dibalik banyaknya pasangan yang gagal, ada banyak pula yang berhasil, lho.

Kalau kebetulan mengalami trauma, dan sulit diatasi sendiri. Mungkin saatnya kamu berkunjung ke ahli agar trauma masa lalu itu bisa dihilangkan. Dengan demikian, kamu gak takut lagi jatuh cinta.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak