3 Cara Sederhana Menumbuhkan Rasa Empati

oce blue
3 Cara Sederhana Menumbuhkan Rasa Empati
Ilustrasi menolong.[Pixabay/geralt]

Menurut KBBI pengertian empati adalah keadaan mental yang membuat seseorang merasa atau mengidentifikasi dirinya dalam keadaan perasaan atau pikiran yang sama dengan orang atau kelompok lain. Jadi, empati menjadikan kita seakan merasakan apa yang orang lain rasakan.

Di bawah ini ada 3 tips simpel untuk menambah rasa empati

1. Ketika ada teman yang bersedih, bantu sesuai kemampuan kita

Perasaan empati adalah sebuah soft skill yang tidak boleh disepelekan. Ketika temanmu sedang merasa sedih atau berduka, bantu temanmu sesuai kemampuan yang dapat kamu berikan. Jangan merasa acuh ataupun tidak peduli. Saat kamu dalam keadaan bersedih, tentunya juga membutuhkan orang lain. Ini adalah salah satu cara sederhana yang bisa kamu coba setiap harinya. 

2. Menebar senyuman kepada orang lain

Tidak ada salahnya kamu memberikan sebuah senyuman simpul kepada orang asing yang kamu temui. Hal ini bisa menumbuhkan dan menambah rasa empatimu. Meski respons setiap orang berbeda, tapi setidaknya kita sudah berbuat cukup baik. Sikap sederhana ini bisa membantu orang lain tanpa disadari. Senyuman yang kita berikan bisa mengurangi sedikit beban yang sedang orang lain rasakan. Selain itu, tersenyum juga salah satu bentuk kebaikan yang juga berdampak positif kepada dirimu sendiri. 

3. Jangan lupa mengucapkan kata maaf dan tolong

Jika kamu sadar yang kamu lakukan adalah kesalahan, jangan gengsi untuk meminta maaf meskipun itu hanya masalah kecil. Jangan menganggap bahwa kamu selalu benar dan tidak perlu minta maaf. Bukan hal besar, tapi perkataan maaf, tolong, dan terimakasih adalah kata-kata sederhana yang seringkali terlupakan. Begitu juga dengan terimakasih, sekecil apapun kamu meminta bantuan kepada orang lain, kata terimakasih mu membuat respect dari orang lain. 

Perasaan empati seakan perlahan memudar tanpa disadari. Semakin dewasa, seharusnya kita juga bisa menumbuhkan perasaan itu meski terkadang banyak hal menyakitkan. Jangan selalu menganggap bahwa kita harus memperlakukan orang lain sebagai mana mereka bersikap kepada kita. Jika mereka bersikap kurang baik, apakah kita juga akan begitu? Tentunya tidak. Berbuat baiklah kepada siapa pun sesuai kemampuan yang kita miliki. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak