8 Tips Mencuci Muka yang Benar agar Terlihat Bersih Terhindar dari Jerawat

Winka Orlando Saputra, S.Tr.Gz
8 Tips Mencuci Muka yang Benar agar Terlihat Bersih Terhindar dari Jerawat
ilustrasi mencuci muka. (freepik)

Memiliki wajah yang bersih, cerah, dan lembap merupakan dambaan setiap orang baik pada pria maupun wanita. Sebaliknya jika muka dipenuhi dengan jerawat dan terlihat kusam, maka seringkali orang akan menilai bahwa kita tidak pandai dalam merawat muka.

Untuk mendapat wajah yang bersih tersebut, tentunya kita perlu memperhatikan bagaimana cara mencuci muka dengan benar. Oleh sebab itu, diartikel kali ini kita akan membahas tentang tips mencuci muka yang benar agar terlihat bersih dan terhindar dari jerawat.

Melansir dari laman Healthline.com berikut delapan diantaranya.

1. Membersihkan Makeup Terlebih Dahulu

Bagi kamu yang menggunakan makeup ada baiknya untuk membersihkannya terlebih dahulu sebelum mulai mencuci muka. Gunakanlah makeup remover yang memiliki bahan lembut, dengan tujuan agar wajah menjadi lebih bersih dan tidak ada sisa makeup yang menempel di kulit muka. Karena sisa makeup tersebut berpotensi menyumbat pori-pori, dan hal ini wajib dilakukan untuk semua jenis kulit wajah.

2. Pilih Jenis Sabun Khusus Untuk Muka

Hindari penggunaan sabun batang, terkecuali yang memang dikhususkan untuk muka, karena hal itu akan mengubah keseimbangan ph kulit yang memungkinkan pertumbuhan bakteri dan jamur. Berdasarkan Penelitian dari American Academy of Dermatology menganjurkan penggunaan sabun muka dengan bahan yang lembut, non-abrasif, serta tidak mengandung alkohol.

3. Gunakan Air Hangat

Ada mitos yang beredar bahwa air hangat dapat membuka pori-pori kulit, sebaliknya air dingin akan menutupnya. Hal tersebut tidak lah benar adanya. Karena fakta menyebutkan bahwa suhu air ekstrem lah yang dapat meiritasi kulit. Penggunaan air saat mencuci muka akan membantu membersihkan muka dari debu dan kotoran yang menempel.

4. Bersihkan Muka dengan Lembut

Perhatikan pula bagaimana cara anda mencuci muka. Usaplah muka Anda dengan jari secara perlahan agar tidak menyebabkan lapisan luar kulit terkelupas. Lapisan tersebut berfungsi sebagai penghalang alami yang melindungi kulit serta mempertahankan kelembabannya. Pijat kulit muka Anda selama kurang lebih satu hingga dua menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu hindari terlalu banyak penggunaan foaming cleansers dan daily exfoliating cleansers karena berpotensi membuat lapisan luar kulit terkelupas.

5. Gunakan Micellar Water

Micellar water juga berfungsi untuk membersihkan wajah, terutama dari sisa makeup yang masih menempel di kulit. Penggunaan micellar water juga sangat bermanfaat jika kamu berada di tempat yang sulit air karena tidak perlu lagi dibilas dengan air.

6. Hindari Penggunaan Alat Pembersih 

Beberapa orang sering menggunakan spons untuk membantu membersihkan wajah. Hal ini sebenarnya tidak perlu dilakukan, mengingat spons bisa menjadi tempat berkembang biak bakteri dan jamur, terlebih jika kamu jarang mengganti spons tersebut. Cukup gunakan jari saat mencuci muka untuk meminimalisir kontaminasi bakteri alat pembersih tersebut.

7. Jangan Lupa untuk Membersihkan Bagian Leher 

Saat kamu mencuci muka, jangan lupa untuk ikut membersihkan bagian leher, karena biasanya banyak sel-sel kulit mati yang menumpuk disana dan sangat perlu untuk dibersihkan agar tidak menumpuk dan tampak kusam.

8. Gunakan Toner

Tips terakhir dari mencuci muka adalah menggunakan toner yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan ph kulit dan melindungi muka dari bakteri yang dapat menimbulkan jerawat.

Itulah tadi delapan tips mencuci muka yang benar agar terlihat bersih dan terhindar dari jerawat. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak